Afrizon Nazar Ajak Petani Manfaatkan Lahan Untuk Tanaman Jagung

Irwan Prayitno (Gubernur) Nasrul Abit (Wagub) Sumbar Bersama Ir.Afrizon Nazar Kadis Pertanian Ketahanan Pangan dan Kehutanan.

Indojatipos.com, PAINAN – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura menganjurkan petani daerah ini untuk tanam jagung di lahan yang sulit dapat pengairan.
“Soalnya, selain pasar jagung sangat menjanjikan, tanaman ini juga mudah dirawat dan rendah biaya,” kata Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Pessel, Afrizon Nazar.
Ia menyebutkan, masyarakat petani mengolah lahan tidur agar tetap menjadi produktif. Lahan tidur muncul akibat kekeringan pada lahan sawah tadah hujan, tetapi bisa dimanfaatkan untuk tanaman jagung.
Dikatakan, jagung bisa menjadi alternatif pada lahan tidur, terutama bekas sawah tadah hujan yang sudah mengalami kekeringan.
“Jagung saat ini memiliki pangsa pasar yang jelas dan kestabilan harga cukup terjamin. Ini dikarenakan tingkat permintaan jagung pipilan yang masih cukup tinggi,” terangnya.
Menurutnya, jagung pipilan terutama sekali dibutuhkan untuk bahan makanan dan untuk pakan ternak, hingga kini tingkat permintaan pasar masih cukup tinggi.
“Komoditi jagung merupakan salah satu produk tanaman pangan unggulan di Pesisir Selatan setelah padi. Banyaknya lahan tidur yang ditinggal masyarakat petani saat ini akibat kekeringan dan ketiadaan biaya pengolahan cukup menghambat produktifitas komoditi pertanian,” katanya.
Ia menambahkan, jika kondisi ini terus dibiarkan akan mengancam produksi pangan secara keseluruhan. Ini tentu akan menjadi kontra produktif dengan upaya pemkab yang mentargetkan peningkatan produksi pertanian setiap tahun.
(03pesisirselatankab)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *