Wow, Gubernur Sumbar & 4 Kepala Daerah Bakal Hadir Sakral Petang Balimau Inderapura

balimau oke
Pesta Upacara adat Petang Balimau Inderapura Muara Sakai Tahun 2015.

Indojatipos.com, INDERAPURA- Pesta upacara adat sakral Petang Balimau menyambut bulan ramadan 1437 Hijriyah tahun 2016 di Muara Sakai,Inderapura, Kecamatan Pancung Soal, bakal meriah.

Sebab, Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno dan empat Kepala Daerah yaitu Bupati Pessel Hendrajoni, BupatiĀ  Muko-muko, Bupati Kerinci dan Walikota Sungaipenuh dipastikan menghadiri acara tahunan sejak ditetapkan oleh Raja kerajaan Inderapura.

Hal tersebut disampaikan oleh Amrul (Saih Ben) ketua Panitia acara sakral petang balimau Inderapura dikonfirmasi INDOJATIPOS.COM mengatakan, pihaknya telah menyebarkan 500 undangan seperti 43 Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) se-Pessel telah disebarkan.

“Iya, hari ini undangan sudah disebarkan, termasuk Gubernur Sumbar Bapak Irwan Prayitno dan Wagub juga kita udang. Termasuk Bupati Muko-muko, Kerinci, walikota Sungaipenuh. Dan untuk Bupati Pessel Bapak Hendrajoni sebagai turut mengundang,” jelasnya.

Ia menyampaikan, prosesi acara akan diselenggarakan pada Minggu (5/6) dimulai pukul 10.00 WIB berkumpul di Kantor KAN Inderapura dan pukul 13.00 WIB dilanjutkan star Mesjid Agung berarakan ke tepian Sungai Muara Sakai.
“Tamu adat para Depati dari Kerinci-Sungaipenuh juga dipastikan hadir, tadi Selasa kita sudah mengundang lansung datang ke Kerinci. Seperti depati Payung Pondoktinggi, ketua Depati Nan Bertujuh Sungaipenuh, Panduko Indo, Depati Duo Nenek Rawang, Depati Empat Helai Kain juga akan hadir,”ujarnya.

Dikatakannya, maksud dan tujuan diundang, karena Antara Inderapura dengan Kerinci, Muko-Muko tidak bisa dipisahkan. “Tiga daerah itu tidak bisa dipisahkan, karena ada perjanjian dan sumpah karang setio sejak nenek moyang dan kerajaan inderapura,”ungkapnya.

Laporan: Sutan Indra Rajo Bungsu Riko Pirmando

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *