Giliran Kerinci Sampah Dikeluhkan Warga

KERINCI – Tidak hanya masyarakat Kota Sungaipenuh mengeluh soal sampah. Kini gilirian masyarakat Kecamatan Air Hangat Timur, Kerinci, mengeluh menumpuknya sampah di sejumlah titik disepanjang jalan umum.

Tomi, warga desa Sungai Abu, Air Hangattimur,  mengatakan tempat pembuangan sampah sementara yang dibuat masyarakat ini tidak dipindahkan oleh truk pengangkut sampah. Sehingga mengganggu pangguna jalan ditambah dengan bau yang menyengat.

“Warga biasanya membuang sampah disini diangkut oleh pihak kebersihan dari LH namun sekarang tidak ada lagi sehingga terbiar menumpuk,” jelasnya (3/6).

Untuk itu maayarakat yang berada di Kecamatan Air Hangat Timur meminta upaya cepat dinas terkait mengatasi hal ini. “Kita minta BLH segera memindahkan sampah dipinggir jalan ini,” kata warga setempat

Sementara pemerintah kabupaten Kerinci setelah mengetahui hal ini langsung melakukan upaya dengan memanggil petugas dari BLH Kerinci. Wakil Bupati Kerinci, Zainal Abidin dikonfirmasi mengatakan sebelumnya memanggil BLH. Untuk secepatnya mengatasi sampah di kecamatan Air Hangat Timur tersebut.

“Kita berupaya ada penambahan. Seperti desa yang besar Pulau Tengah, Semerap dan desa lainya di kecamatan sudah ada dua mobil pengangkut sampah,” jelas Wabup.

Selain itu untuk pengelolaan armada saat ini, Wabup menyarankan setiap supir tidak digaji perbulan, namun dihitung berdasarkan trip mengangkut sampah perhari. Ini untuk menghindari adanya supir yang tidak menjalankan tugasnya. “Nanti bisa dicatat juga, ini agar lebih efektif kedepan,” ujarnya. (co)

Sampah
Sampah Menumpuk Dipinggir Danau Kerinci.F/IJP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *