Selamat, Acara Adat Sakral Petang Balimau Inderapura Semarak

Petang oke
Bupati Pessel H Hendra Joni, Wakil Walikota Sungaipenuh Ardinal Salim, Bupati Muko-muko (Bengkulu) dan Ribuan Masyarakat Inderapura. Foto/Sutan Rico Indojatipos.com

Indojatipos.com, MUARASAKAI- Acara adat Sakral Petang Balimau Muara Sakai, Inderapura, Kecamatan Pancung Soal,Pessel berlansung semarak. Sebab, ribuan warga dari 10 Nagari di Dua Kecamatan Pancung Soal dan Air Pura ikut menyuseskan tradisi ratusan tahun sejak kerajaan Inderapura.

Petang balimau menyambut bulan puasa Ramadan ini digelar Minggu (5/6) pukul 11.00 WIB berakhir 14.00 WIB dengan balimau dengan air limau dicampur asam, daun padan, bedak kasai yang telah disediakan oleh 20 suku dibawah naungan 20 ninik maka Kerapatan Adat Nagari Inderapura.

Pantauan INDOJATIPOS.COM dilokasi, acara diawali dengan berdoa bersama di Mesjid Agung Inderapura, hadir para 20 ninik mamak, tokoh adat, alim ulama, cerdik pandai dan dihadiri Bupati Pessel H Hendra Joni, Bupati Kerinci diwakili Asisten II, Wakil Walikota Sungaipenuh Ardinal Salim dan Bupati Muko-muko (Bengkulu) .

Setelah doa dan makan bersama dilanjutkan arakan bersama sepanjang 1 Km menuju tapian Batang Muara Sakai. Kedatang rombongan disambut dengan tiga puti Inderapura bersikapur sirih.

limau oke

Dilanjut, sambutan Pessel H Hendra Joni mengatakan, pihaknya  sangat bangga dengan masyarakat inderapura yang telah mempersiapkan acara adat yang sakral petang balimau dilakukan sejak kerajaan Inderapura berdiri . “Kita bangga , tradisi ini bisa berlanjut dan tetap bertahan dengan keragaman budaya Pesisir Selatan yaitu Inderapura,”ujarnya.

“Kita minta camatnya nanti agar mencari lokasi tanah akan dibangun wisata, budaya.  Pemerintah melalui Disporaparbud akan memprogramkan tahun depan,”tutunya. (Rido/Rico)

Editor: Sutan Indra Rajo Bungsu Rico

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *