Semburan Abu Gunung Kerinci, Warga 3 Kecamatan Terjangkit ISPA

KERINCI- Paska Gunung Kerinci menyemburkan Abu vulkanik, ternyata berdampak buruk bagi masyarakat Kerinci. Sebab, udara disekitar Gunung Kerinci tercemar. Bahkan, udara tidak sehat lagi.

Berdasarkan hasil Laboratorium pengujian kadar Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) terhadap udara di sekitar Gunung Kerinci, yang dilaksanakan beberapa hari yang lalu, ternyata pihak Badan Lingkungan Hidup Kerinci menemukan bahwa udara di Gunung kerinci sudah tidak bagus lagi.

Bahkan, berdasarkan hasil Labor BLH terhadap udara di Gunung kerinci, menemukan bahwa Udara sudah sangat tidak baik, kandungan Sulfur dioksida (So2) sudah mencapai angka 206.

“Normalnya kandungan So2 yang juga belerang itu dibawah 50,”sebut kepala Labir BLH Kerinci, Jumadil

Ditambahkannya, kondisi ini sangat riskan, untuk itu pihaknya menghimbau agar masyarakat mengurangi aktivitas diluar rumah.

“Kalau mau keluar rumah pakai masker, karena dampak dari masalah ini adalah gangguan kesehatan, terutama pernapasan atau ISPA,”jelasnya.

Hal ini sesuai dengan prediksi, Jumiran salah seorang staf TU Puskesmas Kersik Tuo mengatakan sejak Jumat masyarakat tiga kecamatan yang berdomisili didekat gunung Kerinci, mulai terjangkit penyakit ISPA.

Pasien puskesmas mengalami peningkatan, dari minggu pertama hingga ke empat terdapat 173 pasien kena penyakit ISPA.(co)

Editor: Sutan Riko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *