Aktivitas Gunung Kerinci Meningkat, Terancam ‘Meletus’

INDOJATIPOS.COM, KERINCI – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi, menyebutkan akan adanya potensi meletusnya Gunung Kerinci. Hal ini ditandai dengan adanya aktivitas abu vulkanik di Gunung Kerinci.

Kepala Sesi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jambi, M Dalmanto menyebutkan Gunung Kerinci sudah menunjukkan potensinya untuk meletus, untuk itu perlu persiapan untuk menghadapi kondisi Kontijensi tersebut.

“Kontijensi merupakan sebuah keadaan yang tidak bisa diprediksi kejadiannya,” ungkapnya kepada wartawan.

Dalam usaha tersebut, lanjutnya perlu kerjasama dari semua instansi, terutama dalam pelaksanaan penyusunan dokumen Kontijengsi erupsi Gunung Kerinci. Hal ini sejalan dengan program yang telah disiapkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Penyusunan Rencana Kontijensi tersebut, dilaksanakan secara bersama baik semua instansi Pemkab Kerinci, TNI, Polri dan sebagainya. Semua harus berpartisipasi dalam menyusun Kontijensi tersebut.

“Nanti dalam penyusunan tersebut, nantinya harus hadir semua pihak. Nanti semua bisa mengerti tugasnya masing-masing apabila terjadi bencana,”katanya.

Nantinya, di tambahkannya bakal datang pihak dari BNPB RI ke Kerinci, BPBD Kerinci menyiapkan tempat pelaksanaan penyusunan dokumen Kontijengsi Gunung Kerinci.

Ini langkahnya, nantinya ada skenarionya terutama pada saat bencana letusan gunung kerinci terjadi, nantinya bidang kesehatan tugasnya akan tahu sebagai penanganan kesehatan, termasuk pada saat terjadi erupsi kemana arah warga mengusungsi adalagi pihak yang mengaturnya.

“Nantinya pertemuan akan dilaksanakan lima hari, untuk menyusun Dokumen Kontijengsi erupsi gunung Kerinci tersebut, seluruh pendanaannya disediakan BNPB,”jelasnya.(Arfa)

Editor: Sutan Riko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *