Diundang Acara Kenduri Pasca Panen, Wabup Zainal: Bersama Kita Lestarikan Tradisi Khas Kerinci Ini

Wabup kenduri sko Talang Kemulun
Wabup Zainal Didampingi Istri Yanti Maria Menghadiri Kenduri Pasca Panen Masyarakat Desa Koto Baru Sanggaran Agung,,Danau Kerinci.

Indojatipos.com. KERINCI – Wakil Bupati Kerinci, Zainal Abidin, Minggu (24/7/2016) memenuhi undangan warga Desa Koto Baru Sanggaran Agung, Kecamatan Danau Kerinci, untuk menghadiri tradisi Kenduri Pasca Panen.

Acara yang bertempat di Gedung Serba Guna setempat, Wabup hadir didampingi istri Yanti Maria, yang juga anggota DPRD Provinsi Jambi. Hadir dalam acara ini Camat Danau Kerinci, Kepala Desa dan perangkat desa, ninik mamak, lembaga adat, tokoh masyarakat, dan ratusan warga Desa Koto Baru.

Ketua Lembaga Adat Desa Koto Baru, dalam sambutannya mengatakan, acara kenduri pasca panen yang biasa disebut warga Kerinci kenduri sudah tuai ini dilaksanakan setiap tahunnya oleh warga setempat. Ini merupakan aplikasi rasa syukur masyarakat kepada Yang Maha Kuasa setelah melaksanakan panen padi, serta ucapan terima kasih kepada sesepuh Desa Koto Baru yang dahulu kala telah susah payah membuka lahan pertanian terutama persawahan, sehingga bisa digarap dan dinikmati anak cucu hingga saat ini.

Sementara itu, Wakil Bupati Kerinci, Zainal Abidin, dalam sambutannya mengatakan sama. Menurut dia, kenduri sudah tuai dan kenduri sko merupakan tradisi dan kebudayaan masyarakat Kabupaten Kerinci yang tidak ada di daerah lain.

“Kenduri sko dan kenduri sudah tuai tidak ada di daerah lain. Ini dilakukan sebagai ungakapan rasa syukur masyarakat karena telah melaksanakan panen,” ujarnya. Oleh karena itu, kata Zainal, tradisi khas ini perlu dilestarikan, agar tidak diklaim oleh daerah lain.”Budaya khas seperti ini perlu kita lestarikan,” bebernya.

 

Selain itu, dirinya juga mengimbau kepada masyarakat Desa Koto Baru untuk berpartisipasi dan mendukung proses pemekaran Kerinci Hiliryang saat ini sedang dilakukan. Jika rencana ini berhasil, maka pembangunan di Kerinci bagian hilir akan berlangsung dengan cepat, serta pelayan publik akan lebih mudah.

“Mari kita sama-sama dukung pemekaran kerinci hilir. Apalagi Koto Baru merupakan wilayah rencana lokasi ibukota Kerinci Hilir,” imbaunya. Pantauan di lokasi acara, usai menyampaikan sambutan, Wabup menyerahkan bantuan pribadi untuk Desa Koto Baru Sanggaran Agung. (arfa)

Editor: Sutan Riko

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *