15 Orang SAD Muncul di Padang


INDOJATIPOS.COM, Padang – Sekelompok warga Suku Anak Dalam (SAD) yang berjumlah sekitar 15 orang, berjalan kaki melintasi Kota Padang, Minggu (21/8/2016).

Mereka berasal dari Muaro Bungo, Jambi, menuju Muko-muko Bengkulu. Kehadiran mereka jadi perhatian warga sekitar yang melihat.

Sekelompok warga suku Anak Dalam tersebut, diketahui warga berjalan dari Indarung menuju arah pusat Kota Padang. Ada di antara mereka yang tidak mengenakan baju, tapi tetap mengenakan celana. Mereka yang tidak mengenakan baju adalah anak-anak.

Kelompok yang dari tiga keluarga ini, membawa lima anak kecil. Ada yang digendong orangtuanya, ada pula yang berjalan sendiri. Salah seorang anggota kelompok, terlihat menggantungkan papan tulisan di lehernya yang bertuliskan “KAMI ORANG MUARO BUNGO SUKU ANAK DALAM KUBU. MOHON DIKASIHANI.”

Baca Juga  Kota Payakumbuh Raih Lima Penghargaan Beruntun

Kehadiran mereka, menarik perhatian warga. Bahkan, sejumlah pengendara sempat berhenti untuk menyaksikan mereka. Ada juga warga yang mengajak sekelompok suku Anak Dalam ini berkomunikasi.

Afrizal (28) warga Indarung yang sempat berkomunikasi dengan salah seorang anggota kelompok suku Anak Dalam ini mengatakan, mereka sudah berjalan selama satu bulan. Dari pengakuan anggota kelompok tersebut, kata Afrizal, mereka berasal dari Muaro Bungo dan berjalan menuju Muko-muko, Bengkulu.

“Mereka hendak ke tempat temannya di Muko-muko. Kami (warga-red) sudah tawarkan kendaraan untuk mengantarkan mereka. Tapi mereka menolak,” sebut lelaki yang akrab disapa Tambo ini.

Alasan mereka tak mau diantar dengan kendaraan, kata Tambo, karena takut mabuk. Mereka, tidak terbiasa naik mobil. “Kita sudah terbiasa berjalan kaki. Itu alasannya,” kata Tambo.

Baca Juga  Kota Payakumbuh Raih Lima Penghargaan Beruntun

Mendengarkan alasan tersebut, warga yang prihatin hanya melepaskan kehendak kelompok tersebut. Warga kembali membiarkan warga suku Anak Dalam tersebut melanjutkan perjalanannya.

“Walaupun mereka menolak untuk diantar, tapi mereka tidak menolak untuk dikasih makan. Kami tadi sudah memberi makan mereka sebelum berangkat,” jelasnya.

Hingga pukul 15.00 WIB, diperkirakan warga tersebut sudah sampai di Bypass Telukbayur. Sebagaimana diketahui, untuk menuju Muko-muko Bengkulu, kelompok warga suku Anak Dalam tersebut melalui jalan Pesisir Selatan.

(sumber:valora.co.id)

block ID 8719 : indojatipos.com
     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.