994 PEMBACA

TMMD ke 97 di Pessel Buka Akses Jalan ke Kampung Ubah


“Sejak Sebelum Kemerdekaan Tak Tersentuh Pembangunan, Kini Jalan Itu Dibangun TMMD ke 97”

Danrem 013 Wirabraja Brigjen Bhakti Agus Wajri SIP Bersama Dandim 0311 Pessel Letkol Inf Setiya Asmara SIP Mengunjungi Pembukaan Jalan Kampung Ubah Bt Kapas.Ist
Danrem 013 Wirabraja Brigjen Bhakti Agus Wajri SIP Bersama Dandim 0311 Pessel Letkol Inf Setiya Asmara SIP Mengunjungi Pembukaan Jalan Kampung Ubah Bt Kapas.Ist

INDOJATPOS.COM, PAINAN – Kampung ubah di Kenagarian Tigo Sakato, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan yang dihuni sekitar 20 kepala keluarga, keberadaannya sejak sebelum kemerdekaan menjadi potret kehidupan yang menjadi saksi bisu sejarah keberadaan kampung ubah ini.

Mayoritas warga itu mata pencarian sebagai petani gambir. Akses menuju Kampung Ubah hanya jalan setapak.

Keberadaan sejarah kampung ubah di benarkan oleh Walinagari Tigo Sakato, Kecamatan Batang Kapas, Epriardi, S.Ag ketika kegiatan TMMD ke 97 Kodim 0311 Pesisir Selatan mengatakan, sebelum kemerdekaan sekitar 20 Kepala Keluarga hidup dan beraktifitas di daerah ini.

Kampung Ubah adalah kampung yang lokasinya berada diatas bukit, dan di tengah – tengah hutan Batang Kapas. Untuk, mencapai lokasi kampung Ubah ini harus ditempuh dengan berjalan kaki kurang lebih 2 jam lebih.

“Kehidupan warga tergantung dengan hasil pertanian gambir, ” ucap Walinagari Tigo Sepakat, Rabu (14/9).

Ia menjelaskan, tuntutan ekonomi akan kebutuhan hidup serta askes jalan dan faktor lainya membuat kurang lebih 20 KK harus berpindah lokasi lain. Kini, Kampung Ubah hanya tinggal sejarah dan nama setelah ditinggal warga.

“Kita, berterima kasih kepada pihak Kodim 0311 Pesisir Selatan, yang mengadakan TMMD ke 97 tahun 2016 dengan membuka akses jalan ke lokasi Kampung Ubah sepanjang 12 km, ” tutup.

Hal yang sama juga diungkapkan salah seorang warga setempat, Arif (40) , dulu pernah ada sebuah kampung di daerah ini. Tapi, sudah lama sebelum kemerdekaan RI.

“Program TMMD ke 97 Tahun 2016 sangat banyak membantu warga. Karena jalan ke kampung Ubah lembu terbuka kembali, ” katanya.

Bersarkan, Pantuan dilokasi TMMD ke 97 Kodim 0311 Pesisir Selatan terlihat bekas jalan setapak yang tersisa.

Sebuah sejarah terukir dan dimanfaatkan warga setempat dengan adanya pembukaan jalan dari TMMD ke 97 Kodim 0311 Pesisir Selatan.

Danrem 031 Wirabraja, Brigjen Bhakti Agus Wajri, SIP bersama Dandim 0311 Pesisir Selatan Letkol Inf Setiya Asmara,SIP saat mengunjungi lokasi TMMD Ke 97 Tahun 2016 mengatakan, untuk program TMMD ke 97 Tahun 2016, dipusatkan di Kodim 0311 Pesisir Selatan untuk di Sumatera Barat.

“Ya, sepertinya persiapan Kodim 0311 Pessel, untuk melaksanakan TMMD ke 97 sudah siap, ” katanya.

Ia mengatakan, kegiatan ini juga didukung dan bekerjasama SKPD di Kabupaten Pesisir Selatan. Berbagai kegiatan baik fisik dan non fisik juga dilasanakan dalam kegiatan ini. Mudah-mudahan kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat banyak. (Rido Ardile/adv)

Editor: Richo Pirmando (Sutan Indra Rj Indra)

--COVID-19 DI INDONESIA--

TOTAL POSITIF
ORANG
Positif
TOTAL SEMBUH
ORANG
Sembuh
TOTAL MENINGGAL
ORANG
Meninggal
SUMBER DATA : KEMENTERIAN KESEHATAN & JHU. UPDATE TERAKHIR :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.