Kampung Uba Dulu Berbeda Dengan Uba Sekarang

INDOJATIPOS.COM, PAINAN – Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 97 Tahun 2016 yang telah di buka beberapa hari yang lalu di Kampung Uba, Kenagarian Talok Tigo Sakato, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan oleh Wakil Gubernur Sumbar, H Nasrul Abit. Kampung Uba yang dulu berubah dari Kampung Uba sekarang.

Setiap warga hari warga melihat anggota berbaju hijau loreng ( TNI) dari Kodim 0311 Pesisir Selatan. Dan, anggota Batalyon 032 Wirabraja.

Kampung uba yang dulu nya jarang didatangi anggota TNI, kini mendadak ramai. Apalagi sejak dibuka jalan sepanjang 12 Km, yang menghubungkan 4 Nagari dan 2 kecamatan.

Kampung Uba yang ada sejak tahun 1987 ini menjadi bukti nyata, bahwa kampung Uba bukan hanya dongeng semata. Tapi, benar adanya.

Mayoritas warga berladang gambir, warga di kampung Uba, Kampung Tanjung Kandis, Kenagarian Talok Tigo Sakato, Kecamatan Batang Kapas ini mulai bisa bernafas legah karena jalan menuju ladang/kebun bisa ditempuh dengan kendaraan roda 4 dan roda 2.

Suar (40) warga Kampung Tanjung Kandis tidak menyangka kampung bisa ramai, dan jalan ke kampung Uba tidak bisa ditempuh dengan kendaraan roda 2 atau roda 4, sekarang sudah bisa.

“Ya, mempermudah mengangkut hasil kebun, juga memperpendek jarak tempuh,” terangnya, Kamis (23/9)

Hal sama di ungkapkan Mak Oyeh (75) yang rumahnya di bedah dalam Program TMMD Ke 97 Tahun 2016 Kodim 0311 Pesisir Selatan. “Kaya mimpi saja, tiba – tiba rumah saya di bedah,”ungkapnya.

Ia menuturkan, kalau bukan kegiatan ini belum tahu kapan rumah nya bisa di perbaiki.

Wakil Bupati, Drs. Rusmayul Anwar saat menghadiri pembukaan TMMD Ke 97 tahun 2016, memberikan apresiasi penuh kepada jajaran Kodim 0311 Pas sel beserta komponen yang ada, telah melaksanakan kegiatan ini di kampung uba, Kec amatan Batang Kapas.

Wabub juga berharap ke pada warga yang ada, bisa bersama -bersama ikut menjaga keamanan, kenyamanan. Dan, ikut menjaga apa yang saat ini sedang di kerjaan oleh anggota TNI.

“Ini, untuk kepentingan bersama, dan demi kebaikan kita bersama,”tutupnya.(Rido Ardiles)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *