Bentuk Generasi Sejak Dini Sebagai Mitra, Polres Kerinci Lantik Si Pocil

SUNGAIPENUH – Polisi Resort Kerinci sudah memiliki Si Polisi Cilik (Si Pocil). Si Pocil ini, sengaja dibentuk Kapolres Kerinci sejak dini sebagai mitra Polri.

Pelantikan Si Pocil diselenggarakan pada rangkaian kegiatan upacara yang dipimpin langsung oleh Kapolres Kerinci, AKBP Muhammad Ali Hadinur S.I.K, Waka Polres Kompol Lukman, Para Kabag, Kasat, para perwira, anggota  dan seluruh satuan Si Polisi Cilik, serta majelis guru SDN 01 Kota Sungai Penuh.

Kapolres Kerinci AKBP M Ali Hadinur melalui Kasat Lantas Polres Kerinci AKP Supariyanto mengatakan, pembentukan Si Pocil Polres Kerinci adalah untuk membentuk generasi dari usia dini sebagai mitra Polri.

Kapolres Kerinci AKBP M A Hadinur Foto Bersama 30 Si Pocil dan Sejumlah Guru.

“Bisa menjadi duta dan Pelopor untuk menyampaikan pesan-pesan keamanan, ketertiban masyarakat (Kamtibmas) dan untuk keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas)­,” jelasnya.

Tidak hanya dibentuk, ungkap kasat,  kemampuan dasar yang diberikan kepada Pocil tersebut berupa 12 gerakan pengaturan lalu lintas, baris berbaris, menjadi tauladan bagi kawan-kawan mereka dan lainnya.

Sedangkan kemampuan dasar Polja berupa memahami rambu-rambu lalu lintas, dapat melatih Pocil, mempunyai kemampuan patroli jalan kaki dan lainnya.

“Untuk menguji kemampuan mereka nantinya, kita akan mengadakan lomba cerdas cermat tentang lalu lintas dalam waktu dekat,” tegasnya.

Ia menambahkan, tujuan pembentukan Pocil ini untuk menjadikan siswa menjadi insan manusia yang berkarakter, berbudi luhur dan mematuhi aturan hukum.

“Ini yang kita harapkan dengan dibentuknya Pocil bagi generasi penerus di daerah itu, sehingga lahir pemimpin yang disiplin dan memiliki keterampilan,” katanya.(R/adv)

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *