Ini 5 Nama Cabup PKB Jalani Tes, PPP Ajukan 10 Nama Cabup Kerinci ke DPP

INDOJATIPOS.COM – Proses penyaringan bakal calon bupati/wakil bupati Kerinci ditingkat partai politik terus berjalan. DPD Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kerinci sudah mengajukan lima nama ketingkat DPP-PKB. Sedangkan enam nama lainnya dicoret karena tak memenuhi kriteria partai.

Ketua DPD PKB Kerinci Zamri melalui Sekretaris Herizaldi mengatakan dari 11 bakal calon bupati yang mendaftar hanya 5 kandidat yang diajukan ke DPP. Kelima bakal calon tersebut yakni Zainal Abidin, Tafyani, Monadi, Fadli Sudria, Maridin.

“Hasil koordinasi dengan DPW PKB Jambi, lima nama-nama calon Sudah di kirim ke DPP-PKB Jakarta,” sebutnya Herizaldi, Minggu (10/10).

Ditanya siapa yang paling berpeluang mendapatkan perahu PKB yang memiliki dua kursi di DPRD Kerinci, Heri mengatakan semua memiliki peluang. Dirinya juga tidak membantah kalai Zainal memang selama ini disebut akan diusung PKB.

Yann jelas, kata Heri pada Oktober ini akan dilakukan uji kelayakan dulu di DPP. Setelah itu kemungkinan akan keluar rekomendasi partai.

“Kelima yang diusulkan ke DPP akan mengikuti fit and propertest (ada uji kelayakan oleh DPP) yang digelar 20 oktober ini, baru itu keluar SKnya,” ujarnya.

Terkait koalisi, ketua DPC PKB Kerinci ini mengatakan akan diserahkan sepenuhnya nanti ke kandidat yang mendapat mandat PKB. “Kita tidak survei, kuncinya di Jakarta. Koalisi dengan partai lain juga kita serahkan ke kandidat langsung, dengan siapa yang cocok dan menang,” jelasnya.

Sedangkan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kerinci juga sudah menyampaikan 10 nama ke DPP-PPP Jakarta. Ketua DPC PPP Kerinci Elyusnadi mengatakan dirinya turut serta mengajukan langsung 10 orang bakal calon bupati tersebut. Hanya saja, anggota DPRD Kerinci ini belum mau membeberkan siapa 10 nama tersebut.

Saat ini PPP sedang melakukan uji kelayakan dan kepatutan bakal calon di Jambi. “Iya kita ada 10 nama yang diajukan ke DPP. Kita lakukan fit and propertes ke DpW dalam minggu ini,” bebernya.

Lantas kapan rekomendasi PPP untuk calon bupati Kerinci diberikan, Elyusnadi mengatakan pada akhir bulan ini (Oktober) akan jelas arah dukungan PPP untuk Pilkada Kerinci.

Untuk diketahui sejumlah nama bakal calon yang sudah mendaftar di PPP diantaranya Adirozal, Zainal, Monadi, Yuldi Herman, Ami Taher, Fadli Sudria, Maridin Jamil. Selain itu Elyusnadi, Subur Budiman, Candra Purnama, dan Tafyani Kasim. (rco)

Share Artikel Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *