Panwaslu Sungaipenuh Rangkul Pramuka, Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu

Komisionet Bawaslu Jambi Rafiqoh dan Afrizal.

SUNGAIPENUH – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Sungaipenuh menggelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilihan Umum di Bumi Sahalun Suhak Salatuh Bdil Kota Sungaipenuh, Rabu (7/3) bertempat Gedung Nasional.

Ketua Panwaslu Kota Sungaipenuh, Netres Jaya, mengatakan, dalam kegiatan sosialisasi dan penandatangan nota kesepahaman dengan Kwartir pramuka ini pihaknya bekerjasama dengan semua elemen masyarakat, salah satunya merangkul dari kalangan Pramuka.

“Sementara ini kita akan gerakan dan merangkul dari pramuka, beberapa stakeholder untuk bersama-sama meningkatkan peran serta dalam pengawasan pada Pemilu DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, Kab/kota nanti,” terangnya, kepada Indojatipos, saat ditemui disela-sela acara sosialisasi.

Komisioner Bawaslu Jambi dan Panwaslu Kota Sungaipenuh-Kabupaten Kerinci Bersama Ketua Kwartir Cab Kerinci Sungaipenuh.

Menurut Netres, dipilihnya Pramuka oleh Panwaslu untuk bekerjasama dalam pengawasan karena Pramuka adalah organisasi independen yang telah teruji, seperti kecintaannya terhadap negara, bangsa dan tanah airnya.

Pihaknya juga menilai, segmen generasi muda, dalam hal ini kalangan pelajar dari gerakan Pramuka sangat potensial untuk ikut serta dalam mewujudkan proses demokrasi yang berkualitas, dengan melibatkan kalangan muda yang belum terkontaminasi oleh pemikiran pragmatisme.

Dalam acara sosialisasi ini, semua peserta diberikan pembekalan tentang Pemilu, dengan harapan supaya pada pelaksanaannya nanti dapat mengetahui tentang bentuk-bentuk pelanggaran sebagaimana yang ada dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Dengan kerjasama ini maka Pramuka diharapkan mampu melakukan inovasi, dan siap mengawal serta mensukseskan pesta demokrasi nanti,” ucapnya.

Para Tamu Mengikuti Sosialisasi Partisipatif.

Netres juga menegaskan, bahwa dalam proses Pemiku dan moment politik lainnya bukan hanya menjadi urusan pengawas pemilu, KPU maupun peserta Pemilu itu sendiri, tapi harus melibatkan semua pihak, termasuk di dalamnya adalah Pramuka.

“Mudah-mudahan kerjasama dengan Pramuka bisa meningkatkan peran partisipasi dalam pengawasan di Pemilu nanti,” tandasnya.

Hadir acara sosialisasi, Komisioner Bawaslu Jambi Afrizal, Rafiqoh, Walikota Sungaipenuh diwakili asisten, ketua Perguruan Tinggi, kwartir pramuka Sungaipenuh-Kerinci dan komisioner Panwaslu Kota Sungaipenuh dan Panwaslu Kabupaten Kerinci beserta komisioner Panwaslu se Kecamatan Kota/kabupaten.(ric)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *