Leonardy Harmaini:Moratorium Pemekaran Daerah 2019 Akan Terlaksana

INDOJATIPOS.COM – Anggota DPD RI, Leonardy Harmaini menilai duo moratorium DOB (Daerah Otonomi Baru) akan terwujud pada tahun 2019 nanti. Pasalnya DPR dan DPD terus mendesak pemerintah mencabut moratorium tersebut.

“Ada dua moratorium yang terus kami desak saat rapat dengan pemerintah yakni moratorium CPNS dan Pemekaran Daerah,” ungkapnya, Senin malam (28/5) saat melakukan Safari Ramadhan ke Masjid Alam Nagari Koto Laweh Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar.

Mengapa Tahun 2019? menurutnya, tahun tersebut adalah tahun politik yang bisa membuat berbagai kemungkinan termasuk penambahan dana desa secara signifikan.

Dijelaskan Leonardi, Kabupaten Pesisir Selatan dan Agam berpotensi melakukan pemekaran. Untuk Pessel telah masuk daftar tunda karena suda lama memasukkan syarat pemekaran sementara Agam telah ada kesepakatan untuk melakukan pemekaran.

“Dua daerah di Sumbar ini sudah seharusnya dimekarkan mengingat luas wilayahnya. Pessel mereka sudah punya nama kabupaten baru “Ranah Indojati” untuk daerah baru. Sedangkan Agam direncanakan Agam Barat dan Agam Timur,” ulasnya.

Dilanjutkan, pemekaran daerah bertujuan untuk pembangunan ekonomi daerah dan memaksimalkan pelayanan publik untuk masyarakat.

“Coba bayangkan, dari Silaut mengurus catatan kependudukan ke Painan, kemudian dari baso (Agam) mengurus KK atau KTP ke Lubuk Basung. Masyarakat akan memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit, kemudian belum tentu juga nanti terlayani maksimal, jika tidak bisa siap dalam satu hari mereka harus bolak balik,” ujar pria yang biasa di sapa Pak Leo tersebut.

Terakhir disampaikannya, jika moratorium sudah dicabut DPD RI akan segera mempasilitasi dua kabapaten tersebut ketingkat pusat. “Begitu dicabut, kami akan langsung fasilitasi untuk pemekaran ini,” tukasnya.

[Joni Abdul Kasir]
Sumber klikpositif.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *