ZA Menangi Pilkada Kerinci, Ini Jumlah Selisih Suara Menurut Idea Institute

KERINCI– Elektabilitas pasangan calon Zainal Abidin-Arsal Apri unggul dibandingkan dengan pasangan calon lainnya dalam Pilkada di Kabupaten Kerinci. Itu berdasarkan hasil survei yang dilakukan Idea Institute Indonesia.

Direktur Idea Institute Indonesia, Jafar Ahmad menjelaskan, hasil survei itu merupakan data persentase tanpa tidak memilih dan tidak tahu. Jadi, murni perolehan suara dengan asumsi suara sah.

Yaitu elektabilitas Zainal Abidin-Arsal Apri mencapai 36,4 %. Kemudian diurutan kedua pasangan Adi Rozal-Ami Taher mencapai 32% dan terakhir pasangan Monadi-Edison 31,6 %.

“Data itu perolehan suara riil perkiraan sekarang. Zainal-Arsal unggul sekitar 6.000 suara,” tegasnya, Sabtu 23 Juni 2018 kemarin.

Menurut kandidat doktor ilmu politik Universitas Indonesia ini, dari dua kali survei di Kerinci, secara konsisten Zainal-Arsal unggul dengan pola yang sama. Antara 4-9%, sedangkan pasangan Monadi-Edison dan Adi Rozal – Ami Taher sama kuat.

“Analisisnya, jika tidak ada kejadian luar biasa, kemungkinan besar pasangan Zainal Abidin – Arsal Apri akan memenangkan kontestasi,” ujarnya. (mgO3)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *