Walikota AJB Launcing Germas, Sekaligus Gelar Jalan Santai

INDOJATIPOS.COM, SUNGAIPENUH – Walikota Sungaipenuh Asafri Jaya Bakri (AJB), Minggu (05/08/2018), melaunching Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) tingkat Kota Sungai Penuh dengan mengadakan jalan santai dan senam sehat.

Acara yang dipusatkan di lapangan merdeka Kota Sungai Penuh tersebut, turut dihadiri Wali Kota Sungai Penuh, Asafri Jaya Bakri (AJB), Ketua Tim Penggerak PKK Kota Sungai Penuh, Hj. Emizola Asafri S.Ag,.M.Hum, Wakil Wali Kota Zulhelmi beserta istri, Ketua DPRD Sungai Penuh, Fikar Azami, Kapolres Kerinci, Dandim, Seluruh SKPD, dan seluruh siswa di Kota Sungai Penuh.

Wako AJB, dalam sambutannya mengatakan bahwa saat ini Indonesia tengah menghadapi tantangan besar yakni masalah Kesehatan, yakni meningkatnya penyakit tidak menular seperti Stroke, Jantung, Koroner, Kanker, dan Diabetes. Oleh karena itu, secara khusus, Wako AJB mengingatkan masyarakat untuk menjaga kesehatan melalui Germas guna mewujudkan Indonesia sehat.

“Pelaksanaan Germas harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian,” ujar Wako AJB.

Pada tahap awal sambung AJB, Germas secara nasional dimulai dengan berfokus pada Lima kegiatan yaitu melakukan aktivitas fisik 30 menit perhari, mengkonsumsi buah dan sayur, memeriksakan kesehatan secara rutin, tidak merokok, dan menggunakan jamban.

“Lima kegiatan tersebut, dapat dimulai dari diri sendiri dan keluarga, dilakukan saat ini juga, dan tidak membutuhkan biaya yang besar,” ucapnya.

“Untuk itu, marilah kita bangun komitmen bersama dalam upaya mensukseskan Germas hidup sehat untuk menuju Kota Sungai Penuh sehat 2021,” tandasnya.

Sementara itu Kadis Kesehatan Sungai Penuh, Zul Fikri, dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan Gerakan Hidup Sehat (Germas) ini merupakan kegiatan yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan RI, untuk mengatasi berbagai persoalan kesehatan yang timbul. Gerakan hidup sehat, sesuai yang diprakarsai oleh Presiden RI ini adalah suatu tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Wako AJB Senam Bersama Warga Kota Sungai penuh.

“Kegiatan ini kita laksanakan sesuai dengan program Pemerintah Pusat dan daerah Kota Sungai Penuh, untuk mendukung perilaku hidup sehat bagi masyarakat Kota Sungai Penuh sesuai dengan visi misi Wako Sungai Pemuh,” ujarnya.

Sesuai Instruksi Presiden RI, seluruh masyarakat harus terlibat dalam hidup sehat, sehingga kegiatan yang digelar pagi tadi yang diawali dengan jalan santai dan dilanjutkan dengan senam sehat di lapangan merdeka Kota Sungai Penuh.

Pada waktu itu juga sambung Zulkifli juga dilakukan beberapa kegiatan yakni penggalangan komitmen palaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Tingkat Kota Sungai P‘enuh, Deklarasi Desa Open Defekation Free atau 100 persen masyarakat tidak buang air besar sembarangan. Perencanaan layanan cepat, tanggap darurat kesehatan.

“Dan juga sekaligus penandatanganan prasasti peresmian gedung baru Puskesmas rawat inap Kumun, Tanah Kampung, dan Puskesmas Tanjung, serta Labkesda Kota Sungai Penuh. Dan juga sekaligus, menduking dan mensukseskan pelaksanaan Asian Games 2018,” tandasnya. (adv/hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *