KPU Tetapkan Adirozal – Ami Taher Bupati dan Wabup Kerinci Terpilih

INDOJATIPOS.COM, KERINCI-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kerinci resmi menetapkan pasangan Adirozal-Ami Taher sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kerinci terpilih periode 2019-2024. Penetapan dilakukan dalam pleno KPU yang digelar di Hotel Matahari II Sungaipenuh, Minggu (12/8).

Keputusan penetapan tersebut dibaca langsung Ketua KPU Kerinci, Afdhal. Penetapan Adi-Ami setelah sebelumnya KPU menerima putusan Mahkamah Konstitusi terkait gugatan yang diajukan paslon nomor urut 3 ZA-Arsal, yang ditolak oleh MK.

Pada Pilkada 27 Juni 2018 lalu pasangan Adirozal – Ami Taher berhasil menang dengan perolehan suara sebanyak 55.597 suara atau sebesar 37,5 persen dari total suara sah.

“Dengan ini menetapkan pasangan nomor urut dua Adirozal-Ami Taher sebagai pasangan calon terpilih pada Pilkada Kerinci 27 Juni 2018 yang lalu,” ucapnya.

“Keputusan ini berlaku setelah dibacakan oleh KPU Kerinci,” ujarnya lagi.

Menurut Afdal, sesuai dengan aturan, setelah tiga hari KPU menerima keputusan MK, maka dilakukan penetapan calon terpilih.

“Keputusan MK sudah kita terima beberapa hari lalu, keputusan MK bersifat final dan mengikat, tidak ada lagi upaya hukum setelah di MK terkait perselisihan hasil pilkada (PHP),” ungkapnya.

Lantas kapan Adi-Ami Dilantik ? Menurut dia pelantikan paslon terpilih akan dilakukan setelah masa jabatan Bupati-Wabup saat ini berakhir yakni pada 4 Maret 2019.

“Pelabtikannya pada Maret tahun depan, setelah masa jabatan bupati-wabup saat ini berakhir,” ungkapnya.

Disinggung mengenai adanya laporan yang diajukan paslon nomor urut 3 ke DKPP, Afdal mengatakan terkait laporan tersebut pihaknya belum menerima secara resmi dari DKPP.

“Tapi itu tidak menghambat penetapan calon terpilih,” ungkapnya.

Pleno KPU Kerinci tersebut dihadiri oleh Ami Taher, tim pemenangan, dan undangan lainnya. Ami Taher juga langsung menerima bekas putusan KPU.

Cawabup, Ami Taher, mengucapkan terima kasih atas penetapan pasalon terpilih yang dilakukan oleh KPU. “Terima kasih juga kepada seluruh masyarakat Kerinci, mari kita bersatu kembali untuk membangun Kerinci kedepan yang lebih baik dan berkeadilan,” singkatnya.(rdo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *