Wako AJB Pimpin Upacara HUT Pramuka Ke 57

INDOJATIPOS.COM, Sungai Penuh – Hari Pemuka Ke-57 sejumlah pejabat Kota Sungai Penuh dilapangan mardeka Kota Sungai Penuh berlangsung khidmad. Sejumlah atraksi yang diperagakan oleh anggota pramuka dari kalangan pelajar diantaranya adalah pendirian tenda.

Selain itu lagu-lagu perjuangan juga diputar selama atraksi berlangsung. Hadir dalam acara tersebut Walikota Sungai Penuh H.Asafri Jaya Bakri, Wakil Walikota Sungai Penuh Zulhelmi, Kapolres Kerinci AKBP Dwi Mulyanto, Kajari Sungai Penuh Romi Arisyanto.

Sementara sejumlah Kepala SKPD dilingkup Kota Sungai Penuh diantaranya Kadis PU Martin Kahpiasa ST MT, Kadis Pendidikan Hadiyandra, Kadis Inspektorat Suhatril, Kadis perhubungan Haidir SE, Kadis Kominfo Alfian SE, Roli Darsa, Kadis Pemerintahan Desa Syahran Efendi, dan sejumlah pejabat lainnya.

Komitmen untuk terus menjadikan gerakan Pramuka sebagai pemacu motivasi dan wadah berkreasi secara positif, terus di galakkan oleh Wali Kota Sungai Penuh H.Asyafri Jaya Bakri dalam memimpin Kota Sungai Penuh.

Hal tersebut tampak saat Wali Kota Sungai Penuh H.Asyafri Jaya Bakri menjadi pembina Apel Besar Hari Pramuka ke-57 Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Sungai Penuh Tahun 2018, Selasa (14/08/2018) di Lapangan Merdeka Kota Sungai Penuh.

Upacara tersebut berlangsung khidmat dan sukses dengan dihadiri ribuan Pramuka Penggalang SD, Penggalang SMP, Penegak Bantara, Penegak Pandega, Pembina, Kamabigus, Kamabiran, Kakwaran dan seluruh Pengurus Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Jambi.

Wali Kota Sungai Penuh yang juga sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Kota Sungai Penuh, pada upacara tersebut membacakan sambutan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka DR. Adhyaksa Dault, yang menyerukan Pramuka sebagai garda terdepan perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

Pendidikan kepramukaan yang mendasarkan pada Satya dan Darma Pramuka harus benar-benar tertanam dalam hati setiap insan Pramuka
sebagai pedoman bersikap dan berprilaku.

“Gerakan Pramuka sebagai wadah pendidikan karakter kaum muda dan calon pemimpin masa depan bangsa Indonesia, tentu harus lebih berperan dalam mendidik generasi milineal dewasa ini,” ujar AJB membaca amanat Kakwarnas.

Gerakan Kepanduan sebagai cikal bakal Gerakan Pramuka menurut dia telah ada di Bumi Pertiwi sejak tahun 1912 dengan nama kelompok baik berdasarkan nama etnik maupun keagamaan. Eksistensi gerakan ini di Indonesia telah dimulai sejak 106 tahun yang lalu.

“Dalam konteks Indonesia, Gerakan Pramuka menjadi “rumah kita bersama”, dan itulah harapan bangsa ini kepada Gerakan Pramuka. Sekat-sekat kamar telah diisi oleh partai politik, dan kamar lainnya mungkin telah diisi oleh suku-suku yang ada di Indonesia dan golongan atau kelompok lainnya,” sebut Walikota.

Untuk itu, Hari Pramuka ke-57 sekarang ini gerakan pramuka mengangkat tema “Pramuka Perekat NKRI”.

“Tentu yang dapat mempersatukan bangsa ini adalah negarawan yang menjadi pemimpin yang amanah. Hal ini menegaskan bahwa Gerakan Pramuka tetap konsisten dan fokus untuk mendidik karakter kaum muda Indonesia untuk bersatu menjaga persatuan dan kesatuan demi utuhnya NKRI,” jelasnya.(Hms/adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *