Pengemudi yang Nabrak Siswi MTs di Semurup Terancam Pidana 6 Tahun Penjara

INDOJATIPOS.COM, SUNGAI PENUH— Meki PNS Pemkab Kerinci staf bidang anggaran BKD, pengemudi Toyota Rush yang diduga menabrak siswi MTs Model Kota Sungaipenuh, Afifah menyebabkan meninggal dunia di Jalan Umum Semurup, Senin (28/1/2019) bisa dijerat pasal 310 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Dalam pasal tersebut, disebutkan tentang kecelakaan yang diakibatkan oleh kelalaian. Ancaman hukuman maksimal yang dikenakan dalam pasal tersebut adalah enam tahun penjara dan denda Rp 12 juta.

Pasal 310 ayat 1 UU tersebut berbunyi, “Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor yang karena kelalaiannya mengakibatkan kecelakaan lalu lintas dengan kerusakan kendaraan dan/atau barang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 229 ayat (2) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) bulan dan/atau denda paling banyak Rp 1.000.000,00 (satu juta rupiah).”

Kanit Laka Lantas Polres Kerinci AIPTU dikonfirmasi menyebutkan, untuk membuktikan Meki, lalai dalam berkendara dan dijerat dengan ayat 1, 3, dan 4 dalam Pasal 310 dengan ancaman lima tahun penjara.

“Saat ini kita lagi olah TKP, pemeriksaan saksi-saksi, barang bukti mobil sudah diamankan,” kata Endriyadi saat dihubungi INDOJATIPOS MEDIA, Selasa (29/1/2019).

Untuk penetapan status jadi tersangka, Kata Endriyadi, menunggu penyelidikan, walaupun Meki Kabur sesaat mengantar korban ke RSU. “Bisa jadi tersangka, kita masih dalam penyelidikan, ” kata Endriyadi.(cr01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *