Banyak APK Caleg DPRD, DPR RI Langgar Aturan di Kerinci-Sungaipenuh

INDOJATIPOS.COM, KERINCI – Puluhan Alat Peraga Kampanye (APK) baliho Caleg DPR RI, DPRD Provinsi dan caleg DPRD kabupaten/kota melanggar aturan di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungaipenuh

Pelanggaran ini banyak ditemukan oleh sejumlah Panwaslu Kecamatan di beberapa kecamatan dalam wilayah Kabupaten Kerinci. Seperti di Kecamatan Danau Kerinci dan Kecamatan Setinjau Laut.

Ketua Panwaslu Kecamatan Danau Kerinci, Saudi mengatakan pelanggaran terjadi karena titik lokasi dan pemasangan serta desain baleho tersebut tidak sesuai aturan.

Dari temuan Panwascam Danau Kerinci, pelanggaran pemasangan beliho Apriodito Umar, Paizal Kadni, Zubir Dahlan, Bulkia.

“Iya banyak baliho caleg melanggar aturan, Paling banyak baliho Apriodito Umar. Melangar karena tidak sesuai desain. kemudian titik lokasi tidak, bukan lokasi yang ditetapkan KPU,” ujar Saudi kepada wartawan, Kamis (14/2/2019).

Panwaslu telah melakukan tindakan kajian dan memberi surat peringatan. Dengan merekomendasikan ke PPK, untuk ditindak lanjuti dan memberikan surat peringatan ke parpol dan caleg untuk menertibkan alat peraga kampanye 1×24 jam.

Abdul Khafis, Panwaslu Kecamatan Setinjau Laut menambahkan, di wilayah Setinjau Laut juga ditemukan baliho melanggar aturan.

“Iya sejauh ini ditemukan tiga baliho yang melanggar aturan. Caleg DPRD kabupaten dan Provinsi. Seperti di desa Tanjung Mudo, Pondok Beringin, dan Semerah. Tindakan yang kita lakukan awalnya secara persuasif dengan timses untuk ditindak lanjuti,” terangnya.

Sementara di wilayah Kota Sungaipenuh, dibeberapa titik juga ditemukan APK caleg melanggar aturan dan baliho dipasang di zona larangan seperti di jalan protokol, dipasang dekat tiang listrik dan di pohon.

APK Caleg di Jalan Utama Muradi Kota Sungaipenuh.

“Hasil pengawasan Panwaslu Kecamatan Sungai Bungkal banyak ditemukan APK caleg di pasang jalan protokol seperti jalan Muradi, dekat tiang listrik dan di Pohon. Laporan Temuan Form A sudah kita diserahkan ke Bawaslu Kota,” ujar Agusmiyanto ketua Panwaslu Sungai Bungkal.

Sebelumnya kata Agus, menindaklanjut intruksi Bawaslu Kota Sungaipenuh, dengan serentak Panwaslu Kecamatan telah dua kali melayangkan surat imbauan kepada semua Parpol tentangan aturan pemasangan APK caleg.

“Diminta Parpol memberitahukan ke caleg. Begitujuga Caleg tidak Boleh bikin Posko, Posko caleg hanya di kantor Partai masing-masing,” imbuhnya.(imes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *