Padi Warga Positif Hama, Dinas Pertanian Kerinci Akan Bantu Pestisida

INDOJATIPOS.COM, KERINCI – Petugas dari Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultural Kabupaten Kerinci telah turun ke lokasi untuk melihat kondisi 10 Ha tanaman padi sawah warga yang terserang hama di desa Bunga Tanjung, kecamatan Sitinjau Laut, Kabupaten Kerinci.

Hasilnya, tanaman padi di Desa Bunga Tanjung positif terkena hama. Sehingga, lahan sawah yang terkena hama akan dibantu pestisida dari Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultural, kabupaten Kerinci.

Hal tersebut dibenarkan Kabid Pertanian, Khamim. Dia mengatakan, bahwa diri bersama Kepala Dinas telah turun untuk mengecek kondisi padi pada Kamis (27/06).

“Ya, tapi kita sudah sampai kepada ketua kelompoknya untuk mengusulkan bantuan pestisidanya,” jelasnya.

Ditanya nama hama yang menyerang padi petani sehingga padi menjadi kuning ? Kata Khamim, dari laporan PPLnya hamanya Penggerek Batang atau sejenis ulat yang memakan batang padi. “Itu sering ditemukan di Kerinci, tapi hama ini mudah dibobati, kalau diseprot pestisida sudah kembali pulih padinya,” sebutnya.

Dia menyebutkan bahwa padi yang tererang Hama tersebut masih bisa di panen, karena masih ada anak padi yang bisa tumbuh setelah disemprot pestisida nantinya. “Isya Allah masih bisa di panen kan masih ada anak padinya, tapi bagi mau bibitnya kita juga siapkan sudah kita sampaikan dengan Kades tadi (kemarin, red),” tambahnya.

Menurutnya hama padi yang sulit diatasi yang pernah terjadi menurutnya adalah hama Tungro dimana Penyakit tungro disebabkan oleh dua jenis virus yang berbeda yaitu virus bentuk batang Rice Tungro Bacilliform Virus (RTBV) yang pernah terjadi di kabupaten Kerinci.(adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *