Pemkab Kerinci Pastikan TdS Digelar, Ini Jalur yang Dilewati

INDOJATIPOS.COM, KERINCI – Pemerintah Kabupaten Kerinci melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Kerinci bersama CEO Tour de Singkarak (TdS), belum lama ini telah melakukan survei melihat rute jalan yang dilewati TdS yang akan dilintasi peserta balap sepeda internasional atau Tour de Singkarak (TdS)

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Kerinci, Ardinal membenarkan bahwa belum lama ini, pihaknya telah mendampingi CEO TDS untuk survei jalan TDS di beberapa titik jalan yang merupakan syarat mutlak pelaksanaan even nasional tersebut. “Iya, kita telah turun melihat kondisi persiapan di lapangan,” ungkapnya.

Hasilnya saat ini, ada beberapa rekomendasi dari CEO TDS yakni dari sepanjang rute jalan yang akan dilalui TDS, ada beberapa titik jalan yang harus dilakukan perbaikan.

“Memang beberapa titik jalan, harus dilakukan perbaikan. Itu rekomendasi mereka,” bebernya.

Terkait dengan jalan, sambung Ardinal, pihak Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Wilayah IV Jambi menjamin sampai Oktober jalan sudah mulus dan siap digunakan untuk TdS.

“Jalan harus mulus, tidak ada lobang dan retak, jika ada lobang dan retak, bisa membahayakan peserta TdS,” ungkapnya.

Bukan hanya itu saja, saat ini juga masih dalam persiapan atraksi seni dan budaya dari masing-masing Kecamatan yang wilayahnya masuk dalam rute TDS.

“Nantinya, Kecamatan yang masuk dalam rute TDS, diminta untuk menampilkan atraksi seni dan budaya untuk dipamerkan terhadap peserta balap nasional dari berbagai negara,” katanya.

Mengenai persiapan lainnya, pihaknya saat ini sudah bergerak dan membagikan SK panitia ke Pokja.

“Kita optimis sampai Oktober persiapan sudah matang dan November pelaksanaan TdS di Kerinci bisa dilaksanakan,” sebutnya.

Menurut Ardinal, peserta TdS ini nanti akan melintasi beberapa Kecamatan yang ada di Kerinci yaitu Kecamatan Gunung Tujuh, Kayu Aro Barat, Kayu Aro, Gunung Kerinci, Siulak, Depati Tujuh, Air Hangat Timur, Setinjau Laut dan Danau Kerinci.

“Untuk desa yang akan dilintasi oleh peserta TdS yakni Desa Air Terjun Telun Berasap, Tugu Macan, Gunung Labu, Simpang Patok Empat, Simpang Batu Hampar, Pasar Siulak Deras dan Irigasi Lubuk Nagodang. Setelah itu peserta akan melintasi jalan Simpang Tutung Bungkuk, Simpang Belui, Koto Majidin, Kemantan, Simpang Betung Kuning, Simpang Sebukar, Simpang Tanjung Tanah dan terakhir di Dermaga Danau Kerinci,” pungkasnya.(adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *