Komponen PJU Jalan Bukit Kayangan Sungaipenuh Hilang, Ternyata Harganya Mahal

INDOJATIPOS.COM- Kondisi beberapa lampu penerang jalan umum (PJU) tenaga surya di sepanjang Jalan Bukit Kayangan, Kota Sungaipenuh yang bebeapa waktu lalu dipasang akhirnya kembali tak menyala. 

Pantauan Indojatipos.com, Sebagian lampu dengan panel tenaga surya tersebut rata rata tidak menyala akibat komponen accu kering dan solar cell. Beberapa penutup baterai lampu penerangan jalan bertenaga surya yang ada di beberapa ruas Jalan Lintas Bukit Kayangan yang merupakan jalan objek Wisata sebagian sudah terbuka dan accu dalam kondisi raib. 

Beberapa lampu jalan yang sempat hilang dan diperbaiki pun kembali hilang sehingga berakibat saat malam hari kondisi jalan yang dilalui pengendara kendaraan gelap gulita. 

“Kita minta pihak instansi memperbaiki, dan jika dicuri agar dilapor ke pihak kepolisian,” ujar salah seorang warga setempat.

Harga baru aki panel surya beragam, sesuai dengan kapasitasnya. Kapasitas dimulai dari 20 A – 60 A, untuk harga dimulai dari Rp 1, 5 juta – Rp 4 juta. Apabila ingin membeli 1 set lengkap komponen lampu panel surya kisaran Rp 15 juta.

Disebabkan harga aki yang lumayan mahal tersebut sehingga memicu oknum yang tidak bertanggung jawab tertarik mencuri aki panel surya. Hal ini akan merusak fasilitas umum dan menganggu kenyamanan bersama.(cr)

Share Artikel Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *