188 PEMBACA

Gawat, Jaringan Diputus Masyarakat Kerinci Tak Bisa Buat e-KTP, Ini Reaksi DPRD


INDOJATIPOS.COM, KERINCI- Masyarakat Kabupaten Kerinci tampaknya perlu bersabar yang ingin pelayanan pembuatan e-KTP dan dokumen lainnya. Pasalnya, Jaringan komunikasi kependudukan di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kerinci dengan Dirjen Dukcapil Kemendagri di putus sementara.

“Tadi padi kami buat e-KTP Disdukcapil Kerinci tidak bisa, karena jaringan komunikasi putus,” kata salah seorang warga kerinci hendak membuat e-KTP saat ditemui tadi pagi Selasa (28/1/2020).

Mangkraknya pelayanan kependudukan di kantor kependudukan dan pencatatan sipil Kabupaten Kerinci, Anggota DPRD Kerinci geram dan langsung menggelar sidak.

Pantauan dari Anggota Dprd Kerinci terdapat sejumlah pelayanan yang tidak dapat diakses, diantaranya percetakan e-KTP, KK,dan Akta Kelahiran.

Baca Juga  Truk Muatan Sayur Terjun ke Sungai Batang Merangin

Mensediar Anggota DPRD dari fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) kepada indojatipos.com mengatakan, mandeknya akses ini sudah jelas sangat merugikan masyarakat Kerinci, tidak hanya pembuatan e-KTP tapi juga berdampak pada BPJS, dan Imigrasi.

“Ini sangat merugikan masyarakat kita kerinci, kalau ada yang meninggal hanya dikarenakan terkendala BPJS tidak memiliki e-KTP maka siapa yang akan bertanggung Jawab,”ungkapnya dengan nada kesal.

Hal senada juga diungkapkan Irwandri anggota Dprd dari partai Gerindra, menurutnya, jika ada solusi  maka dirinya minta kepada pihak dukcapil untuk bertindak cepat.

“Jika ada solusi yang sifatnya sementara, maka  kita minta disdukcapil mengambil langkah-langkah yang tidak merugikan masyarakat banyak, misalnya apakah dapat mengeluarkan Surat Keterangan (suket) atau solusi lain, menjelang permasalahan ini kita angkat di Dprd nantinya,”jelas irwandri.

Baca Juga  Napi Rutan Sungaipenuh Dicek Suhu Tubuh

Sementara itu, Plt Kepala Disdukcapil Kerinci Nafritman mengatakan, untuk mengeluarkan suket bisa dilakukan, tetapi hal yang sifatnya mengeluarkan nomor NIK tidak bisa dilakukan.

“Ya, kalau seperti BPJS ataupun imigrasi pastinya membutuhkan nomor NIK, kalau hanya minta sebatas suket tidak ada masalah, pasti kita keluarkan,”ungkapnya. 

Untuk diketahui Pemutusan jaringan koneksi internet tersebut ditenggarai karena Bupati Kerinci tak kunjung melantik Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Dinas Dukcapil Kabupaten Kerinci, Nafritman SE,M.si. Dimana SK pengangkatan tersebut, sudah dikeluarkan oleh Kemendagri satu tahun yang lalu.

Hal itu sesuai Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013, tentang Perubahan atas UU Nomor 23 tahun 2006, terkait Administrasi Kependudukan.

Baca Juga  Kerinci Offroad Club dan TLCI Touring Bersama KTC

Laporan : Yudi Hermawan
Editor : Riko Pirmando

--COVID-19 DI INDONESIA--

TOTAL POSITIF
ORANG
Positif
TOTAL SEMBUH
ORANG
Sembuh
TOTAL MENINGGAL
ORANG
Meninggal
SUMBER DATA : KEMENTERIAN KESEHATAN & JHU. UPDATE TERAKHIR :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.