Bupati Kerinci Adirozal Tinjau Pembangunan Pasar Tradisional


Bupati Adirozal Tampak Melihat dan Kroscek Gambar Bersama Kabid Cipta Karya DU Maya Novefbri.
Bupati Adirozal Tampak Melihat dan Kroscek Gambar Bersama Kabid Cipta Karya DU Maya Novefbri.Foto/FB

INDOJATIPOS.COM, Kerinci- Bupati Kerinci, H Adirozal melakukan pengecekan lokasi jalannya pembangunan Pasar Hiang, Selasa (1/11). Setelah itu bupati juga mengecek pembangunan pasar tradisional di Sanggarang Agung, Kecamatan Danau Kerinci.

Bupati Adirozal dilapangan didampingi Dinas PU Kerinci bidang Cipta Karya mengatakan kepada sejumlah Media mengatakan, bahwa pembangunan pasar tradisional merupakan hal utama dalam menggerakkan perekonomian masyarakat. Kabupaten Kerinci yang 85 persen mengandalkan pertanian sangat membutuhkan pasar tradisional.

Bahkan Pemkab Kerinci akan membangun 17 pasar tradisional di tiap kecamatan. Tiga pasar dibangun tahun lalu, tujuh diantaranya dibangun tahun ini dan selebihnya dianggarkan pada 2017 mendatang.
“Saya kasihan lihat petani kita dari ladang yang jaraknya jauh, lalu hasilnya dibawa ke pasar yang jauh lagi. Nah dengan adanya pasar tradisional ini tentu akan menguntungkan petani kita,” ungkap Bupati.

Disampaikan Bupati, pembangunan pasar ada yang menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), APBD dan APBD provinsi. Seperti pasar Jujun menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 1,4 Milyar, pasar Hiang menggunakan anggaran Tugas Perbantuan (TP) sekitar Rp 10 Milyar.
“Kalau pasar Sanggaran Agung menggunakan anggaran Koperasi, Rp 950 juta,” katanya

Selain itu anggaran untuk pasar Siulak Deras Rp 2 M dari DAK, pasar Semurup 2,8 dari APBD Provinsi, dan Pasar Senin Siulak 10 Milyar bantuan dari APBN-P 2015.
Untuk pasar tradisional yang dibangun seperti pasar Hiang, Senggaran Agung, dan Jujun kompleks gedung dilengkapi dengan fasilitas penunjang bagi pedagang maupun pembeli. Ratusan lapak disediakan di pasar tersebut.

Kemudian untuk kecamatan Bukit Kerman juga direncanakan pembangunan pasar tradisional. Namun alokasi anggarannya pembangunan untuk tahun berikutnya. “Tahun ini pembangunan pasar Hiang mengunakan dana TP dan pasar Jujun dari dana DAK. untuk pasar Sanggaran Agung juga sudah dianggarkan,” kata Bupati

Disebutkan juga oleh Bupati untuk pasar yang sudah dibangun seperti pasar Siulak Deras sebesar Rp 2 M dari DAK, Pasar Semurup Rp 2,8 m dari APBD Provinsi, dan Pasar Senin Siulak Rp 10 miliar bantuan dari APBN-P 2015. Bupati berharap pembangunan pasar ini bermanfaat bagi petani di Kerinci.(Ar)

Editor: St Riko Pirmando.

block ID 8719 : indojatipos.com
     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.