Pemko Sungaipenuh Gelar Musrenbang RPJMD Wujudkan Visi Cerdas 2021


Wako Sungaipenuh AJB Menandatangan.F-hms
Wako Sungaipenuh AJB Menandatangan.F-dok.

INDOJATIPOS.COM– Pemkot Sungaipenuh dibawah kepemimpinan Walikota H.Asafri Jaya Bakri (AJB) dan Wakil Walikota H. Zulhelmi, menegaskan komitmen untuk merealisasikan visi Sungaipenuh Kota Cerdas 2021 yang telah dicanangkan.

Sebagai wujud keseriusan atas komitmen, Pemkot menggelar musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016 -2021 dengan melibatkan para stakeholder dan para pihak yang memiliki kompetensi.

Musrenbang RPJMD yang digelar diruang pola kantor Walikota Sungai Penuh itu menghadirkan perwakilan Bapenas, Supriadi, S.Si, MT, Prof Dr H. Firwan Tan, SE, M.Ec, DEA, Ing dari PSKP Unand Sumbar, Imron Rosyadi, S.Sos, M.Si dari Bappeda Provinsi Jambi dan Sianipar dari BPKP Provinsi Jambi.
Hadir sebagai peserta Musrenbang RPJMD antara lain ketua DPRD Kota Sungai Penuh, unsur forkompimda, Sekda Drs Pusri Amsyi, para kepala SKPD, pimpinan BUMD/BUMN, tokoh masyarakat, kepala desa hta kalangan dari perguruan tinggi.

Baca Juga  Puluhan Pelaku UMKM di Sungaipenuh Sulit Dapatkan Bio Solar

Walikota H.Asafri Jaya Bakri (AJB) dalam sambutannya mengungkapkan, proses perencanaan pembangunan berkorelasi dengan pemikiran-pemikiran. Sebab itu, SKPD tidak hanya berperan sebatas pelaksana pembangunan namun juga pemikir pembangunan.

“Perencanaan merupakan bagian yang sangat penting dalam rangka membangun kemajuan Kota Sungai Penuh, jika perencanaan awalnya tidak bagus, maka ujungnya juga tidak bagus,” jalasnya.

Wako mengungkapkan, permasalahan yang dihadapi Kota Sungai Penuh adalah menyangkut ekonomi dan pendidikan, mengingat Kota Sungai Penuh tidak memiliki sumber daya alam seperti daerah lain. Disisi lain, Kota Sungai penuh memiliki potensi sumber daya manusia.

“Karena itu, focus kita lebih kepada dua bidang tersebut tanpa mengabaikan sektor lain,” katannya.

Baca Juga  Kota Sungai Penuh Sabet Dua Penghargaan Pariwisata Nasional API Award 2022

Sementara itu, Prof Dr Firwan Tan, SE, M.Ec, DEA, Ing mengungkapkan, Kota Sungai Penuh kedepan harus berperan sebagai motor penggerak dan motor perobah wilayah, mengingat strategisnya posisi Kota Sungai Penuh yang dikelilingi daerah-daerah dengan potensi sumber daya alam melimpah.

Kota Sungai Penuh harus menyiapkan infrastruktur pendukung yang memperlancar terwujudnya peran sebagai motor penggerak dan perobah wilayah, seperti pendidikan yang unggul, prasarana perkotaan yang lengkap dan jumlah entrepreneurship yang terus bertambah.

“Visi yang disiapkan Bapak Walikota yakni Sungai Penuh Cerdas 2021 itu sudah sangat luar biasa, tinggal bagaimana SKPD mengimplementasikannya,” sebut Prof Firwan. (Tn/Rc)

block ID 8719 : indojatipos.com
     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.