295 Pengawas TPS Dilantik, Ini Pesan Bawaslu Sungai Penuh


SUNGAIPENUH – Sedikitnya 295 orang Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) yang tersebar di 8 Kecamatan se-Kota Sungai Penuh dilantik, Senin (25/3/2019).

Pelantikan itu dilakukan setelah ke-8 Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) melakukan perekrutan sekaligus penyeleksian di masing-masing Kantor Panwascam selama hampir sebulan. Pengawas TPS ini nantinya akan terlibat langsung dalam mengawasi Pemilihan Umum (Pemilu) pada Rabu, 17 April 2019 mendatang.

Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Sungai Penuh, Nadiavila,SH mengatakan Pengawas TPS yang dilantik telah sesuai kebutuhan di wilayah Kota Sungaipenuh yakni 295 orang yang tersebar di 8 Kecamatan masing-masing TPS.

“PTPS ini merupakan ujung tombak dari pengawasan Pemilu. Jadi kita harapkan PTPS itu memang betul-betul bersikap netral di dalam pengawasan. Kemudian menjalankan tugas dan wewenangnya sebagaimana yang diamanatkan dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 dan Peraturan Bawaslu. Agar PTPS benar-benar memahami mekanisme dan tata kerja sebagai seorang Pengawas TPS,” terangnya, Minggu (24/3/2019).

Baca Juga  Kejari Sungaipenuh Tetapkan Manager Hotel GH Jambi Jadi Tersangka

Dia menilai Pengawas TPS itu akan menjadi juri saat pemungutan suara berlangsung. Selain itu, mengawasi saat pendistribusian Form model C6, surat pemberitahuan untuk memilih kepada masyarakat. “Jadi kami dari Bawaslu berharap PTPS ini benar-benar menjalankan tugas dan wewenangnya, benar-benar jujur dan adil sesuai dengan azas Pemilu,” tegasnya.

FOTO: Tampak Pengawas TPS Kec.Sungai Bungkal Dilantik, Senin (25/3/2019)

Ketua Panwaslu Kecamatan Sungai Bungkal, Agusmiyanto mengatakan untuk pengawas TPS di Kecamatan Sungai Bungkal sudah selesai diseleksi dan hasilnya dilantik hari ini, Senin (25/3/2019).

“Banyak juga yang mendaftar. Tapi memang tetap sesuai kebutuhan yang diperlukan sebanyak 31 PTPS secara menyeluruh tersebar di 5 Desa, 1 Kelurahan. Karena memang kita mencari sesuai dengan kebutuhan, berdasarkan usia dan pendidikan,” jelasnya.

Baca Juga  Pendaftaran Ahmadi Disambut Antusias Demokrat

Ditambahnya, Selain pelantikan, PTPS juga diberi bimbingan teknis tentang tugas-tugas PTPS nanti pada Pemungutan dan Penghitungan Surat Suara 17 April mendatang,” kata Agus usai melantik dan membimtek PTPS di Hotel Arafah.

Ketika Pelantikan dan Bimtek PTPS di Hotel Arafah Mendapat kunjungan Anggota Bawaslu Provinsi Jambi Rofiqoh Pebrianti,SP, didampingi Anggota Bawaslu Kota Sungaipenuh Nadiavila,SH.(cr01/yudi)

block ID 8719 : indojatipos.com
     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.