Dilecehkan, Lembaga Adat Depati Payung Desak Fikar Minta Maaf


INDOJATIPOS.COM, SUNGAIPENUH— Lembaga Adat Depati Payung Pondoktinggi mendesak Fikar Azami Calon Walikota Nomor urut dua untuk mencabut pernyataannya yang menyebutkan ‘Oknum’ Lembaga Adat Depati Payung Pondok tinggi mencekal paslon 02 masuk ke Wilayah Adat Pondoktinggi.

Pernyataan Fikar Azami tersebut disampaikan saat kampanye di Desa Koto Lebu, Kecamatan Pondoktinggi 10 November 2020 . Didampingi Calon Wakil Walikota Yos Adrino, Fikar menyatakan menjadi kesalahan besar bagi Lembaga Adat Pondoktinggi, oknum yang mengeluarkan surat mencekal Fikar Azami-Yos Adrino masuk ke Kecamatan Pondoktinggi.

“Silakan media memberitakan, apakah benar kelakuan dari oknum-oknum lembaga adat yang menghalangi demokrasi di Kecamatan Pondoktinggi,” kata Fikar saat itu yang disambut yel-yel massa pendukung Paslon 02.

Fikar secara rinci menjelaskan bahwa Paslon yang diusung 20 kursi anggota legislatif di DPRD Sungaipenuh itu menyatakan pihaknya tidak takut masuk di Pondoktinggi, karena didukung oleh orang-orang Lembaga Adat Pondoktinggi.

“Tidak perlu takut, yang memblokir itu cuma lima orang. Jangan-jangan bukan orang Pondoktinggi,” kata Fikar saat itu.

Baca Juga  Resmi, DPC Partai Hanura Sungaipenuh Buka Pendaftaran Calon Walikota & Wawako

Ketua Lembaga Adat Depati Payung Pondoktinggi Dpt H Liviawarman S.Sos menyayangkan pernyataan Fikar Azami. Fikar menyebutkan, dirinya yang secara legalitas Ketua Lembaga Adat Depati Pondoktinggi dan Empat Ninik Mamak yang ada di wilayah Adat Depati Payung yang menandantangani surat permohonan penundaaan kampanye di Pondoktinggi sebagai oknum.

“Kami bukan oknum. Legalitas kami jelas. Kami merasa terluka disebut Oknum. Kami diangkat menjadi Ketua Lembaga Adat dipilih langsung oleh anak batino yang ada di Wilayah Pondoktinggi,” tegas Leviawarman yang akrab dipanggil H Boy didampingi Ninik Mamak Rio Mandaro Dpt Heldi Efendi kepada wartawan, Sabtu (14/11/2020).

Dijelaskan Leviawarman, Keputusan pihaknya mengajukan surat penundaan kampanye di wilayah adat Pondoktinggi kepada Kapolres Kerinci, mengingat kondisi saat ini yang tidak kondusif. Bila kondisinya sudah normal, katanya silakan siapapun untuk kampanye di daerah ini.

Surat Nomor 018/LAD-DPT/IX 2020 tanggal 02 November 2020 ditandatangani empat Ninik Mamak. Diantaranya Dpt Hendri Jaya Ninik Mamak Rio Singarao, Dpt Rio Atriswan Ninik Mamak Rio Mendaro, Rio Sapirman Ninik Mamak Rio Pati dan Syamsu Rizal Ninik Mamak Rio Temenggung. Ketua Lembaga Adat Depati Payung Dpt H Leviawarman S.Sos juga turut menandantangani. Surat tersebut berisi permohonan penundaan kegiatan paslon Cawako dan Cawawako Sungaipenuh Nomor urut 2.

Baca Juga  Maju Pilkada Kerinci, Dr Deri Resmi Mendaftar di Partai Demokrat

Alasannya, yang tahu dengan kondisi Pondoktinggi itu adalah pihaknya selaku pemangku adat. Sebab ini kaitannya dengan politik. Usai 9 Desember nanti, para politisi bisa saja rangkulan, tapi anak batino dan anak jantan kami sudah terpecah belah dengan politik. “Kami tidak ingin itu terjadi apalagi sampai bentrok. Makanya kami mohon Kapolres bisa menundanya,” jelas H Boy.

Sebab, riak-riak itu mulai terlihat adanya penolakan terhadap Paslon 02 untuk kampanye di Lawang Agung. “Kita ingin menciptakan pilkada damai. Jika kondisinya sudah normal, silakan kampanye di Pondoktinggi,” jelas H Boy.

Kenyataan di lapangan, kampanye tetap berlanjut di Koto Lebu. Meski terjadi insiden kecil penghadangan terhadap paslon 02. Ikut hadir kampanye saat itu tiga anggota dewan Aspar Nasir, Mulyadi Yacub dan Tole S Hadiwarso ketiganya putra Pondoktinggi.

Baca Juga  DPC Partai Demokrat Kerinci Resmi Buka Pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati

Hanya saja Lembaga Adat menyayangkan pernyataan Fikar yang menyebut yang menandatangani surat usulan penundaan itu Oknum, makanya Lembaga Adat secara resmi minta Fikar Azami secara jantan mencabut pernyataannya dan minta maaf secara resmi kepada Lembaga Adat Depati Payung Pondoktinggi.

Sejak berita ini dipublis, belum ada keterangan dari Fikar terkait permintaan Adat Depati Payung tersebut.(red)

block ID 8719 : indojatipos.com
     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.