Goro Adat, DEJ Peduli dan Bantu Pembangunan Makam Nenek Siak Lengih Jadi Taman Wisata Religius


INDOJATIPOS.COM, Sungai Penuh– Tokoh Muda sekaligus Pengusaha Nasional Asal Kota Sungai Penuh, Defitra Eka Jaya peduli untuk melakukan sebuah perubahan makam nenek Siak Lengih dan makam Datuk Singarapi Puteih yang bertempat di Tebat Gedang, Koto Pandan Desa Pelayang Raya, Kecamatan Sungai Bungkal, Kota Sungaipenuh.

Untuk melakukan perubahan, DEJ menyumbang senilai Rp 50 juta pembangunan dan rehabilitasi Makam Nenek Siak Lengih yang serahkan pada Gotong Royong Adat, Anak Jatan dan Anak Batino Datuk Singarapi Puteih sekaligus dalam rangka HUT 12 Kota Sungai Sungaipenuh.

Aswardi DPT tokoh adat Dasira Datuk Singarapi Putaih mengatakan, goro bersama ini dalam rangka membangkit batang terandam bersama anak jantan anak batino datuk Singarapi Puteih.

“Kegiatan ini salah satu napak tilas kita terhadap orang yang dahulu, nenek kita. Dimana untuk memberi tahu anak kepenakan bahwa makam ini adalah sosok nenek kita. Dengan adanya goro ini mudah-mudahan ada perubahan,” ujar Aswardi DPT.

Baca Juga  Ahmadi-Antos Siapkan Kartu Kornerm untuk Enterpreneur Muda

Ia mengatakan, kita bersyukur dengan ada kepedulian kepada Dasira DEJ menyumbang Rp 50 juta untuk tahap pertama membangun taman budaya dan wisata religius nenek Siak Lengih. “Terimakasih kita bersyukur bersama-sama atas bantuan awal DEJ. DEJ juga akan mengajak tokoh-tokoh diluar untuk membantu pembangunan makam ini jadi objek wisata religius di Kota Sungai Penuh,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Marlis DPT mengatakan, ia bertemu dengan DEJ bahwa makam ini dijadikan taman budaya religius.”Kita tadi berbicara dengan DEJ, ini merupakan hajat kita bersama dan DEJ akan jadikan ini taman budaya,” kata Marlis DPT.

Ninik Mamak Dasira Datuk Singarapi Putaih, Indra Ismadi juga mengutakan hal yang sama. Kegiatan goro adat ini bersama anak jantan anak batino merupakan bentuk suatu perubahan makam nenek siak lengih. Ia juga mengapresiasi terhadap DEJ peduli menyumbang pembangunan awal makam ini.

Baca Juga  Wako AJB Serahkan Bantuan Pembangunan Lapangan Bola & Masjid Desa Debai

Novriato Dahmunir, anak jantan datuk singarapi puteih juga mengapresiasi atas goro bersama ini, dimana DEJ bertekat makam ini akan dilakukan sebuah berubahan untuk persatuan dan kesatuan sesuai dengan tema goro adat ini.(rco)

block ID 8719 : indojatipos.com
     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.