Bahaya Penyalahgunaan Narkoba dan Penanggulangannya


PENULIS. : GUSFANI RAHAYU
NIM : 1804068
PRODI : S1 FARMASI
UNIVERSITAS PERINTIS INDONESIA

Narkoba (Narkotika dan Obat-obatan berbahaya) selalu menjadi perbincangan hangat dari dulu hingga sekarang dan bahkan hampir tidak ada habisnya. Secara umum Narkoba adalah suatu zat atau obat yang baik yang bersifat alamiah, sintetis, maupun semisintetis yang menimbulkan efek penurunan kesadaran, halusinasi serta daya rangsang.

Di Indonesia sendiri kasus Narkoba masih cukup tinggi yaitu 19.229 dan pelaku yang ditangkap 24.878 sepanjang Januari hingga Juni 2021. Sering dikatakan bahwa Narkoba ini banyak disalahgunakan oleh oknum-oknum tertentu tanpa mereka ketahui bahaya yang dapat mengintai mereka baik secara fisik ataupun mental dan yang lebih parah dapat mengancam nyawa.

Dibawah ini akan dijelaskan bahaya penyalahgunaan narkoba dan apa saja cara penanggulangannya. Ada banyak dampak negatif yang dapat ditimbulkan akibat penyalahgunaan narkoba seperti dampak fisik, mental, keluarga dan masyarakat bahkan penyakit. Berikut akan dijelaskan secara rinci.

Dampak terhadap fisik.
1). Kerusakan organ tubuh misalnya kerusakan paru-paru, ginjal, hati, otak, jantung, usus dan sebagainya.
2).Kerusakan jaringan pada organ tubuh akan merusak fungsi organ tubuh sehingga berbagai penyakit akan timbul.

Dampak terhadap mental dan moral.
1).Berubah menjadi tertutup, menjadi pemalu, rendah diri dan sering merasa sebagai pecundang, tidak berguna dan sampah masyarakat.
2).Pemakai narkoba berubah menjadi orang yang egois, paranoid (selalu curiga dan bermusuhan), jahat (psikosis) bahkan tidak peduli terhadap orang lain (Asosial)
3).Karena tuntutan kebutuhan sangat banyak pemakai narkoba yang mental dan moralnya rusak, banyak yang terjebak menjadi pelacur, penipu, penjahat bahkan pembunuh
4).Berubah menjadi pemalas, menjadi bodoh, menjadi miskin, orang miskin yang mempunyai kebutuhan mahal akan berubah menjadi jahat.

Dampak terhadap keluarga, masyarakat dan bangsa.
1).Masalah psikologi yaitu gangguan keharmonisan rumah tangga
2).Masalah ekonomi/keuangan yaitu banyak uang yang terbuang
3).Masalah kekerasan misalnya perkelahian, penganiayaan, bahkan pembunuhan
Penyakit infeksi yang ditimbulkan oleh penyalahgunaan narkoba
1) HIV AIDS
2) Hepatitis
3) Sifilis

Upaya penanggulangan penyalahgunaan narkoba.

1).Promotif adalah program pembinaan. Program ini ditujukan kepada masyarakat yang belum memakai narkoba atau bahkan belum mengenal narkoba
2).Preventif adalah upaya pencegahan. Program ini ditujukan kepada masyarakat sehat yang belum mengenal narkoba agar mengetahui seluk beluk narkoba sehingga tidak tertarik untuk menyalahgunakannya.
3).Kuratif adalah program pengobatan. Program ini ditujukan kepada pemakai narkoba. Tujuannya adalah untuk mengobati ketegantungan dan menyembuhkan penyakit sebagai akibat dari pemakaian narkoba sekaligus menghentikan pemakaian narkoba.
4).Rehabilitatif adalah upaya pemulihan kesehatan jiwa dan raga yang ditujukan kepada pemakai narkoba yang sudah menjalani program kuratif.

Tujuannya agar ia tidak memakai lagi dan bebas dari penyakit ikutan yang disebabkan oleh bekas pemakaian narkoba
5).Represif adalah program penindakan terhadap produsen, bandar, pengedar dan pemakai berdasarkan hukum.

Program ini merupakan program instansi pemerintah yang berkewajiban mengawasi dan mengendalikan produksi maupun distribusi semua zat yang tergolong narkoba.(***)

block ID 8719 : indojatipos.com
     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.