Dampak Penyalahgunaan Narkoba


Penulis: Yondia Rahmadi

NIM: 1704030)

Jurusan: S1 Farmasi, Universitas Perintis Indonesia

Sebelum kita membahas bahaya dari penyalah gunaan narkorba , apa sih narkoba itu?

Narkoba adalah singkatan dari narkotika, psikotropika, dan obat terlarang.[1] Selain “narkoba”, istilah lain yang diperkenalkan khususnya oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia adalah Napza yang merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika, dan zat adiktif.

Bahaya dan dampak narkoba atau narkotika dan obat-obatan pada kehidupan dan kesehatan pecandu semakin meresahkan.

Seperti yang sudah diketahui, ada beberapa jenis obat-obatan yang termasuk ke dalam jenis narkoba yang digunakan untuk proses penyembuhan karena efeknya yang bisa menenangkan. Namun jika dipakai dalam dosis yang berlebih, bisa menyebabkan kecanduan.

Baca Juga  Wako Ahmadi & DPRD Tandatangani Kesepakatan KUA dan PPAS Tahun 2023

Narkoba dampaknya sangat besar bagi kesehatan fisik, mental, dan emosional. Syaraf pusat akan terganggu sehingga mengakibatkan kejang-kejang, halusinasi, gangguan kesadaran dan kerusakan syaraf tepi. Narkoba yang dipakai berlebihan mengakibatkan overdosis yang berujung pada kematian.

Bayangkan saja jika dari sekarang, penyalahgunaan narkoba tidak dicegah, bayangkan jika pemerintah Indonesia bersikap apatis. Jika itu terjadi, bangsa kita akan hancur. Narkoba akan merajarela di kalangan pelajar, kalangan penerus bangsa Indonesia.

Mereka akan terkena dampak narkoba; menjadi apatis, terkena berbagai penyakit, dll. Jika mereka sudah bertambah umur nanti, mereka akan meneruskan bangsa Indonesia. Mereka akan mementingkan narkoba dibandingkan hal-hal lain.

Hal yang akan terjadi uang yang mereka dapat akan digunakan semua untuk membeli narkoba serta melakukan tindakan kriminal seperti mencuri,dan menghalalkan segala cara untuk mendapatkan uang demi narkoba.Indonesia bisa mengalami penurunan kualitas generasi muda karena di rusak oleh penyalahgunaan narkoba. Oleh karena itu bagi teman-teman jauhi lah penyalah gunaan narkoba agar indonesia jadi lebih maju.(***)

Baca Juga  Wawako Antos hadiri Kenduri Lawang Swarnabhumi
block ID 8719 : indojatipos.com
     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.