Hati-Hati ! Inilah Bahaya Dari Penggunaan Narkoba


NAMA : RITMA HAKIKI
NIM : 1804085
FAKULTAS FARMASI
UNIVERSITAS PERINTIS INDONESIA

Narkoba merupakan singkatan dari narkotika,obat dan bahan berbahaya.Istilah lain dari narkoba adalah NAPZA (Narkotika, Psikotropik dan zat adiktif) yaitu bahan atau zat yang apabila masuk ke dalam tubuh manusia akan mempengaruhi tubuh terutama otak atau susunan syaraf pusat (Psikoaktif) dan menyebabkan gangguan kesehatan jasmani, mental emosional dan fungsi sosialnya karena terjadi kebiasaan, ketagihan (adiksi) dan ketergantungan (depedensi).

Narkoba/Napza dilarang digunakan, diproduksi, dipasok, diperjual belikan, diedarkan dan sebagainya diluar ketentuan hukum.Napza dalam dunia medis sangat besar manfaatnya untuk kesembuhan dan keselamatan pasien. Banyak jenis narkotika dan psikotropik memberi manfaat yang besar jika digunakan dengan baik dan benar dalam dunia kedokteran misalnya dalam hal tindakan operasi atau pembedahan, dokter akan memberikan obat bius yang tergolong narkotika, orang yang stress atau gangguan jiwa diberi obat psikotropik.

Apabila napza ini disalahgunakan bukan manfaat yang diperoleh tapi malapetaka.Jadi yang harus diperangi adalah penyalahgunaannya bukan narkobanya. Dulu kebanyakan pemakai narkoba hanya mengkonsumsi ganja, psikotropik atau yang paling tinggi morfin. Sekarang jenis narkoba sudah bertambah banyak misalnya ekstasi, shabu, kokain, heroin (putaw).

Penyalahgunaan narkoba tidak hanya berdampak pada merosotnya kualitas manusia, tetapi juga meningkatnya jumlah dan kualitas kriminalitas. Jenis kejahatan bukan hanya kejahatan kecil melainkan menjadi kejahatan besar dan sadis, penipuan, penyiksaan, pembunuhan sampai korupsi, kolusi, nepotisme bahkan pengaturan personil pejabat.Dunia narkoba sangat erat dengan pelacuran, korupsi, manipulasi serta kriminalitas.Demi narkoba tidak jarang seorang anak tega membunuh saudara, ayah, ibu, kakek atau neneknya.

Dampak narkoba pada fisik

Pengguna Napza dapat mengalami kerusakan organ tubuh dan menjadi sakit sebagai akibat langsung adanya napza dalam darah misalnya kerusakan paru-paru, ginjal, hati, otak, jantung, usus dan sebagainya. Kerusakan jaringan pada organ tubuh akan merusak fungsi organ tubuh sehingga berbagai penyakit akan timbul.

Dampak narkoba terhadap mental dan moral.

Memakai naroba sangat berbahaya terhadap kesehatan mental dan moral pengguna. Pemakai Napza akan berubah menjadi tertutup karena malu akan dirinya, takut mati, atau takut perbuatannya diketahui karena menyadari buruknya perbuatan yang ia lakukan, pemakai menjadi pemalu, rendah diri dan sering merasa sebagai pecundang, tidak berguna dan sampah masyarakat. Adanya 3 sifat NAPZA, pemakai narkoba berubah menjadi orang yang egois, paranoid (selalu curiga dan bermusuhan), jahat (psikosis) bahkan tidak peduli terhadap orang lain (Asosial).

Karena tuntutan kebutuhan sangat banyak pemakai narkoba yang mental dan moralnya rusak, banyak yang terjebak menjadi pelacur, penipu, penjahat bahkan pembunuh. Ditunjang oleh kondisi fisik yang semakin buruk dan lemah, pemakai Napza akan berubah menjadi pemalas, karena malas ia tidak berkembang dan menjadi bodoh, karena bodoh dan boros menjadi miskin, orang miskin yang mempunyai kebutuhan mahal akan berubah menjadi jahat.

Narkoba dapat menyebabkan penyakit infeksi
Narkoba dapat menyebabkan penyakit infeksi karena pemakaian jarum suntik bersama, berciuman dan hubungan seks dari sinilah terjadi infeksi penyakit seperti HIV/AIDS, hepatitis,herpes, sifilis, TBC dan lain lain.(***)

block ID 8719 : indojatipos.com
     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.