Upaya Pencegahan Agar Terhindar dari Penyalahgunaan Narkoba Apasih Narkoba itu?


Nama: Winda Piliandani
Jurusan: S1 Farmasi
Fakultas: Farmasi, Universitas Perintis Indonesia

Narkoba
(narkotika, psikotropika dan bahan-bahan zat adiktif lainnya) dapat membahayakan kehidupan manusia, jika dikonsumsi dengan cara yang tidak tepat, bahkan dapat menyebabkan kematian. Narkoba mempunyai dampak negatif yang sangat luas, baik secara fisik, psikis, ekonomi, sosial budaya, dan lain sebagainya. Narkoba dan Narkotika yang sejatinya adalah zat yang digunakan dalam dunia medis untuk berbagai pengobatan namun seiring waktu berbalik menjadi ancaman dan memiliki efek yang sangat buruk bagi kesehatan dan mental manakala digunakan tidak sesuai dengan dosis dan tujuan semestinya. Tidak hanya buruk bagi kesehatan dan perkembangan mental pelakunya namun juga berdampak pada lingkungan sosial dengan meningkatnya kriminalitas yang diakibatkan pengaruh dari zat narkoba.

Apa yang dimaksud dengan penyalahgunaan narkoba?

Penyalahgunaan narkoba adalah suatu pola perilaku dimana seseorang menggunakan obat-obatan golongan narkotika, psikotropika, dan zat aditif yang tidak sesuai fungsinya. Narkoba memiliki dampak terhadap diri sendiri , keluarga, masyarakat dan bangsa.

Untuk mencegah hal ini terjadi, tentu kita harus meningkatkan kewaspadaan terhadap penyalahgunaan narkoba. Terutama dikalangan remaja, peran orangtua sangat diperlukan untuk memperhatikan kegiatan apa saja yang dilakukan oleh anaknya. Orangtua harus mewaspadai perubahan sikap dan tingkah laku pada anaknya seperti suka menyendiri, sensitif, mudah tersinggung, lebih tertutup, sering meminta uang, sering bepergian, jarang menginp dirumah, menjual atau mencuri barang yang ada dirumah. Jika seseorang memiliki perubahan sikap atau perilaku seperti yang disebutkan, bisa jadi orang tersebut terlibat dalam penyalahgunaan narkoba.

Baca Juga  Serah Terima Peralatan Workshop PUPR Kerinci Dihadiri Inspektorat dan Bidang Aset

Penyebab seseorang melakukan penyalahgunaan narkoba
Penyalahgunaan narkoba atau NAPZA umumnya terjadi karena adanya rasa ingin tahu yang tinggi. Di sisi lain, kondisi ini juga dapat dialami oleh penderita gangguan mental, misalnya gangguan bipolar atau skizofrenia. Seseorang yang menderita gangguan mental dapat lebih mudah menyalahgunakan NAPZA yang awalnya bertujuan untuk meredakan gejala yang dirasa. beberapa faktor lain yang dapat meningkatkan risiko
seseorang melakukan penyalahgunaan NAPZA, antara lain:

Memiliki teman yang seorang pecandu NAPZA.
Mengalami masalah ekonomi.
Pernah mengalami kekerasan fisik, emosi, atau seksual.
Memiliki masalah hubungan dengan pasangan, kerabat, atau keluarga.

Jenis-jenis narkoba yang sering disalahgunakan

Narkotika golongan 1
Jenis-jenis narkoba yang paling sering disalahgunakan di Indonesia di antaranya jenis narkotika golongan satu. Beberapa golongan narkotika yang termasuk ke dalam narkotika jenis ini adalah, Ganja, Opium, Tanaman koka. Jenis-jenis narkotika golongan satu akan menimbulkan efek berbahaya bagi para pecandunya. Apabila pemakai telah berada pada tahap kecanduan yang sangat parah, mereka akan menghalalkan segala cara untuk bisa mendapatkan barang terlang tersebut. Tak jarang aksi mereka berujung pada tindakan kriminal untuk mendapatkan uang yang kemudian digunakan untuk membeli narkoba.

Narkotika golongan 2
Jenis-jenis narkoba yang paling sering disalahgunakan di Indonesia merupakan golongan obat-obatan terlarang yang termasuk pada golongan narkotika golongan 2. Beberapa jenis narkotika yang sering disalahgunakan seperti, Morfin, Alfaprodina, Fentanil, Metadon. Meskipun jenis-jenis narkoba pada golongan 2 ini dapat menimbulkan ketergantungan, penggunaan obat tersebut dapat dimanfaatkan untuk pengobatan. Dengan catatan harus dalam pengawasan dokter.

Baca Juga  Tim Basket Putri Sungaipenuh Tumbangkan Sarolangun 14-6

Narkotika golongan 3
Meskipun jenis-jenis narkoba golongan 3 dapat digunakan sebagai metode rehabilitasi dan penyembuhan, tidak menutup kemungkinan adanya penyalahgunaan saat dikonsumsi. Jenis-jenis narkoba yang termasuk dalam narkoba pada jenis golongan 3 antara lain adalah Kodein Difenoliksat.

Dampak merugikan penyalahgunaan narkoba

Akibat narkoba juga tergantung pada jenis narkoba yang digunakan, seberapa banyak yang telah dikonsumsi, dalam jangka waktu berapa lama, kondisi kesehatan orang itu sendiri, maupun faktor lainnya. Ketika seseorang menyalahgunakan narkoba dalam jangka Panjang, ia juga akan mengalami kertergantungan. Kerugian apa saja yang timbul akibat penyalahgunaan narkoba?

a.Ketergantungan : Akibat narkoba, bisa membuat seseorang menjadi ketergantungan. Kerusakan sel otak ini lah yang akan mengakibatkan ketergantungan dan juga dapat menimbulkan dampak narkoba lainnya

b.Halusinasi : Akibat penyalahgunaan narkoba juga bisa membuat orang mengalami perubahan kesadaran atau halusinasi. Hal ini tentu akan membuat pengguna narkoba menjadi sulit untuk melakukan aktivitas, mengikuti pelajaran, dan sulit untuk konsentrasi.

c.Sulit tidur : Konsentrasi ganja yang tinggi pada narkoba dapat membuat orang menjadi sulit tidur dan sering merasa gelisah. Kandungan yang terdapat pada narkoba dapat mengurangi durasi tidur sehingga penderitanya cenderung sulit untuk memejamkan mata dan tidak dapat tidur dengan nyenyak.

d.Kerusakan organ tubuh: seperti kerusakan paru-paru, ginjal, hati, jantung dan sebagainya. Kerusakan tersebut dapat menyebabkan timbulnya penyakit-penyakit tertentu.

e.Dampak terhadap moral dan mental: biasanya sipemakai akan berubah menjadi tertutup karena malu terhadap dirinya, takut apabila dirinya katahuan oleh orang lain jika dia telah melakukan suatu perbuatan yang buruk, rendah diri dan merasa dirinya tidak berguna.
Upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba

Baca Juga  Walikota Ahmadi Terharu Perjuangan Atlit Muda

1.Mencari tahu tentang apa itu narkoba serta dampak negatifnya bagi kesehatan tubuh.

2.Memilih lingkungan pergaulan yang baik.

3.Ajari cara untuk menolak, salah satu penyebab penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja atau masyarakat umum ialah adanya dorongan atau bahkan paksaan dari lingkungan.

4.Bantu atasi tekanan hidup, terkadang faktor penyebab penyalahgunaan narkoba dapat muncul saat seseorang merasakan tekanan bertubi-tubi di dalam hidupnya. Namun ingat, narkoba hanya akan memperparah masalah dalam hidup. Cobalah cari cara yang lebih positif untuk mengatasi tekanan hidup, misalnya berolahraga, berkreasi dengan teman, atau melakukan hal-hal menenangkan seperti yoga.

5.Atasi gangguan mental, berbagai macam gangguan mental seperti gangguan cemas, stres, hingga depresi, dapat menjadi penyebab penyalahgunaan narkoba.

6.Jalani hidup yang seimbang, ada kalanya orang-orang terperangkap dalam penyalahgunaan narkoba di saat hidupnya sedang berantakan. Tidak jarang juga seseorang menggunakan narkoba karena mereka tidak puas dengan kualitas hidupnya.

Bahaya penyalahgunaan narkoba yang lebih luas juga terlihat pada lingkungan. Misalnya, pecandu narkoba akan rentan melakukan tindakan kriminal, terlibat dalam perkelahian, serta memberi efek buruk pada lingkungan tempat tinggalnya. Jika sudah kecanduan, jangan ragu untuk segera melakukan rehabilitasi.

Dukungan dari keluarga dan kerabat sangatlah berpengaruh. Pasien dianjurkan untuk bersikap terbuka kepada mereka, dan jangan ragu untuk menyampaikan apa yang ingin dikeluhkan. Hal tersebut dapat membantu pasien dalam mempercepat proses pemulihan.(***)

block ID 8719 : indojatipos.com
     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.