H Bakri dan Fadli Sudria, Wartawan-LSM Bahas Pembangun Kerinci-Sungaipenuh Kedepan


INDOJATIPOS.COM, SUNGAIPENUH – H Bakri anggota Komisi V DPR -RI didampingi Fadli Sudria ketua Fraksi PAN DPRD Provinsi Jambi bersama dengan wartawan dan LSM Kerinci dan Sungaipenuh, menggelar pertemuan dan dialog membahas pembangunan Kota Sungaipenuh dan Kabupaten Kerinci, Senin (9/11/2021) malam.

Pertemuan yang berlangsung di Restoran Lamanda tersebut berlangsung santai dan penuh dengan canda tawa. Hadir dalam temu tersebut Anggota Ketua DPD PAN Kerinci yang juga anggota DPRD Kerinci Muchsin Zakaria, Ketua DPD PAN dan anggota DPRD Sungaipenuh, Yoshadi, serta Wakil Ketua DPRD Kerinci dari PAN, Yuldi Herman.

Adapun yang menjadi pokok permasalahan dalam dialog itu adalah permasalahan banjir, air bersih dan Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPST), yang saat ini menjadi persoalan serius di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungaipenuh.

Kepada H Bakri wartawan dan LSM di Kerinci dan Sungaipenuh juga berharap anggota DPR-RI tersebut, untuk kembali memperjuangkan program P3AI, bedah rumah dan lainnya untuk masuk kembali ke Kerinci dan Kota Sungaipenuh.

Baca Juga  Wako Ahmadi : Bangun Karakter Untuk Tingkatkan Etika Politik

“Adapun persoalan yang terus menerus dihadapi oleh masyarakat Kerinci hingga sekarang ini pak Haji (H Bakri, red) adalah persoalan, Air bersih, sampah dan banjir,” ujar Riko Pirmando, pemimpin redaksi indojatipos.com.

“Kami sangat berharap sekali supaya pak Haji untuk dapat memperjuangkannya di pusat. Untuk provinsi jambi ada juga bang Fadli memperjuangan program-program bisa dibawa ke Kabupaten Kota melalui fraksi PAN,” ujarnya.

Dijelaskannya, persoalan banjir yang berkepanjangan dan berubahnya warna air di Sungai Batang Merao juga disebabkan maraknya galian C dihulu sungai Batang Merao. Oleh sebab itu, dia berharap persoalan galian C juga penting untuk diselesaikan, apalagi mayoritas galian C masih belum memiliki izin eksploitasi, operasional, dan komersial.

Beberapa wartwan dan LSM lainnya juga menyampaikan persoalan yang sama. Selain itu, juga dibahas soal bandara depati parbo, jalan nasional dan berbagai sektor pembangunan lainnya.

Baca Juga  Herlina Ahmadi Hadiri Sarasehan Istri Walikota Se Indonesia

Menanggapi pertanyaan dan masukan dari awak media dan LSM, H Bakri, membenarkan tiga masalah yang perlu solusi di Kerinci dan Sungaipenuh, yaitu banjir kaitannya dengan sungai batang merao, persoalan pengelolaan sampah, dan masalah krisis air bersih.

“Untuk masalah banjir penyebab utama meluapnya batang merao, ini solusinya perlu normalisasi. Ini saya sudah koordinasikan pihak balai, pihak Kepala Satker PJAS Wilayah sungai sudah turun kemarin meninjau sejumlah lokasi sungai,” ungkapnya.

Sedangkan, persoalan pengelolaan sampah, belum lama ini Bupati Kerinci dan Walikota Sungaipenuh serta Gubernur serta pihaknya sudah duduk bersama, dan sepakat untuk membangun TPA Regional.

“Kemarin sudah sepakat, kita bangun TPA Regional. Dengan TPA Regional, persoalan sampah tidak menjadi masalah lagi. Karena di Provinsi Jambi, hanya Kerinci dan Sungaipenuh belum memiliki TPA untuk pengolahan sampah,” terangnya

Kemudian soal krisis air bersih, lanjut dia, akan dibangun SPAM Regional yang berlokasi di Gunung Tujuh. Karena untuk sumber air dari sungai, berdasarkan penelitian sudah tidak layak untuk dikonsumsi, karena sudah banyak tercemar merkuri.

Baca Juga  Hadiri Syukuran MTQ Ke-51, Wako Ahmadi : Jaga Prestasi, Awali dari Proses Seleksi dan Pembinaan

“Ini juga sudah kita dimulai, dan akan saya perjuangkan ditingkat pusat melalui Fraksi PAN ke kementerian. Karena SPAM ini membutuhkan anggaran besar,” ungkapnya.

Diakhir dialog, H Bakri, berpesan kepada awak media, untuk mengingatkan dia berkaitan dengan tiga persoalan tersebut. Dia memastikan, hingga akhir jabatannya di senayan 2024 nanti, tiga persoalan tersebut selesai.

“Tolong ingatkan saya, mulai tahun depan atau tahun 2023, solusi tiga persoalan tersebut harus terealisasi, jangan sungkan untuk menanyakan itu. Ini demi masyarakat Kerinci dan Sungaipenuh, saya ingin diakhir jabatan saya nanti semua masalah itu selesai,” terangnya.

Selain H Bakri, Fadli Sudria, anggota DPRD Provinsi Jambi Ketua Fraksi PAN juga menyampaikan apa yang telah diperjuangkan ditingkat provinsi. Seperti, program bedah rumah, SPAM dan meningkatan jalan Lubuk Nagodang dan Kelok Sago.(rco)

block ID 8719 : indojatipos.com
     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.