Jadi Duta Kesehatan Sekolah, 25 Dokter Cilik SD Islam Mutiara Almadani Dilantik


INDOJATIPOS.COM, Sungai Penuh — Untuk mendukung pencegahan penyakit terhadap anak dan menjaga lingkungan sekolah serta melakukan kegiatan edukasi guna memberikan penjelasan tentang pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat.

SD Islam Mutiara Al Madani Kota Sungaipenuh melakukan sosialisasi pengelolaan Unit Kesehatan Sekolah (UKS) sekaligus pelantikan dokter kecil, pada Sabtu 1 oktober 2022 bertempat di aula SD.

Pelatikan dokter kecil ini diikuti oleh 25 siswa dari kelas 4, 5 dan kelas 6 yang terdiri dari siswa laki laki 11 dan 14 siswa perempuan yang sebelumnya hasil seleksi dokter kecil.

Acara pelantikan dokter kecil dihadiri oleh Ketua Yayasan SD Islam Al Madani Syamsarina Lc, kepala Sekolah Tri Setiani SPd, Kadis Dinas Kesehatan Kota Sungaipenuh diwakili oleh Kasi Promosi Kesehatan Ns Ardi Sutra S.Kep, Guru pembina UKS Ade M Darul SPd, Fitri Yeni SPd dan guru pembina lainnya serta orang tua dokter kecil.

Baca Juga  Wako Ahmadi & Wawako Antos Serahkan Beasiswa Program Satu Rumah Satu Sarjana

Kepala SD Islam Mutiara Al Madani Tri Setiani SPd dalam sambutan mengucapkan syukur kepada Tuhan atas terlaksananya sosialisasi Unit Kesehatan Sekolah dan pelantikan dokter kecil ini.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah berkenan hadir dalam sosialisasi UKS dan pelantikan dokter kecil. Dan juga motivasi yang ditujukan untuk para dokter kecil agar lebih semangat dalam menjalankan tugasnya,” kata Tri.

FOTO: 25 Dokter Kecil SD Islam Mutiara Almadani Bersama Ketua Yayasan, Kepsek dan Guru Pembina.
FOTO: 25 Dokter Kecil SD Islam Mutiara Almadani Bersama Ketua Yayasan, Kepsek dan Guru Pembina UKS.

Kasi Promosi Kesehatan Ns Ardi Sutra S.Kep dalam memberikan materi mengatakan, ada beberapa poin tugas dokter kecil yaitu, mengedukasi menjaga kebersihan sekolah, menjaga kesehatan, jajanan sehat serta menjaga kebersihan terutama sampah.

Baca Juga  Puluhan Pelaku UMKM di Sungaipenuh Sulit Dapatkan Bio Solar

“Setiap sekolah wajib memiliki duta kesehatan sekolah dan ruang UKS yang bersih sesuai standar. Kondisi sekarang Masih banyak sekolah yang belum memiliki ruang UKS, toilet yang cukup. Untuk standar perbandingan 30 siswa harus mempunyai 1 ruang toilet,” jelasnya dan dilanjutkan pemasangan pin dokter kecil kepada siswa siswa terpilih yang didamping langsung ketua Yayasan Syamsarina.

Penutup, Ketua Yayasan SD Islam Mutiara Almadani Kota Sungaipenuh juga memberi sambutan, ada beberapa poin, terutama memberi edukasi adap seseorang dan spontan langsung praktekkan oleh salah satu orangtua.

“Ibuk ucapkan selamat kepada 25 dokter kecil yang menjadi duta kesehatan sekolah, semoga bisa mengembangkan program kesehatan membiasakan prilaku hidup bersih dan sehat. Baik itu disekolah maupun dirumah,” ucap Syamsarina.(rco)

Baca Juga  Wako Ahmadi : Guru Harus Mampu Berinovasi, Berkolaborasi & Ikhlas Dalam Bertugas
block ID 8719 : indojatipos.com
     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.