Peduli Pekerja, Disperkim Kota Sungaipenuh Tetap Lindungi Pekerjanya di BPJS Ketenagakerjaan  


FOTO: Yogo Iman Kristianto, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sungaipenuh, Teken MoU dengan Sutrisno, Kadisperkimtan Kota Sungaipenuh.  

INDOJATIPOS.COM, Sungai Penuh— Untuk Perlindungan Keselamatan kerja tenaga Non ASN, Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kota Sungaipenuh melakukan Penandatangan Momerandum Of Understanding (MoU) dengan BPJS Ketenagakerjaan Kota Sungaipenuh.

Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kota Sungai penuh kepada para tenaga Non ASNnya.

Program perlindungan yang diberikan kepada tenaga Non ASN di lingkungan Dinas Permukiman dan Pertanahan Kota Sungaipenuh meliputi Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

Jaminan kecelakaan kerja (JKK) merupakan program perlindungan atau proteksi atas resiko kecelakaan serta potensi bahaya yang dapat terjadi selama hubungan kerja berlangsung.

Baca Juga  Terkait Aksi Demo, BRI Sungai Penuh Tegaskan Telah Lakukan Eksekusi Sesuai Ketentuan

Sementara itu, Jaminan Kematian (JKM) adalah manfaat berupa uang tunai yang diberikan kepada ahli waris dari perja yang meninggal dunia yang bukan disebabkan karena kecelakaan kerja.

“Kami dari Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kota Sungaipenuh Sangat bersyukur pada hari ini telah melakukan penandatangan MoU dengan BPJS Ketenagakerjaan, Kita berharap ke depannya tetap berlanjut sehingga dapat memberikan manfaat kepada tenaga buruh kami di Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kota Sungai Penuh ini,” jelasnya Sutrisno, Kepala Disperkimtan Kota Sungaipenuh, Rabu (7/6/2023).

Sutrisno juga mengatakan, memberikan jaminan BPJS untuk Non ASN sangatlah penting, karena sesuai Intruksi Presiden (Inpres) nomor 2 tahun 2021 menegaskan pentinganya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi tenaga kerja termasuk Non ASN yang bekerja di lingkungan Pemerintah Daerah. Hal ini, sejalan dengan amanat UU nomor 24 tahun 2021 dimana BPJS Ketenagakerjaan adalah Lembaga yang menyelenggarakan program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKm), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP).

Baca Juga  BRI Sungai Penuh Lakukan Eksekusi Sesuai Ketentuan

“untuk manfaat dan kegunaan dari BPJS Ketenagakerjaan sudah kami rasakan umumnya bagi tenaga kami (Tenaga Buruh). Ini sangat bermanfaat,” tambahnya.(cr)

block ID 8719 : indojatipos.com
     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.