Bupati Adirozal Buka Pembekalan dan Fasilitasi Uji Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi di Kerinci


INDOJATIPOS.COM, Kerinci — Bupati Kerinci H. Adirozal didampingi Kepala Dinas PUPR Maya Novefry Handayani, dan Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Provinsi Jambi membuka pelaksanaan kegiatan Pelatihan, Pembekalan dan Uji Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi tingkat Terampil, yang bertempat di Aula Panti Asuhan Baitul Husna, Rabu (12/7/2023).

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kerinci, Maya Novefry Handayani, dalam laporannya menyampaikan tujuan dilaksanakannya kegiatan pada hari ini adalah untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang Jasa Konstruksi yang berkelanjutan agar menghasilkan SDM yang produktif dan kompeten.

“Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari dimulai sejak tanggal 12 – 14 Juli 2023, dan diikuti 90 orang peserta yaitu 50 Tukang Kayu dan 40 Tukang Baja Ringan, masyarakat yang berprofesi sebagai tenaga konstruksi yang berasal dari kecamatan dalam Kabupaten Kerinci,” ucap Kadis PUPR Maya Novefry Handayani.
Ditambahkan Maya Novefry Handayani, kegiatan ini merupakan upaya bersama kita dan kerja nyata untuk membangun daya pembinaan kontruksi nasional, sehingga dapat menjadi Kontribusi positif dalam menjawab tantangan dan tuntutan pembangunan infrastruktur yang berdaya saing dan berkelanjutan khususnya kabupaten Kerinci.

Baca Juga  Tudingan Tak Mendasar, Boy Edwar Ajak Politik Santun di Pilkada Kerinci 2024

“Melalui kegiatan ini kita harapkan akan dapat meningkatkan kualitas kompetensi para tukang di Kabupaten Kerinci, sehingga mampu menciptakan tenaga kerja di bidang konstruksi yang unggul, berkompeten serta berkontribusi dalam pembangunan Nasional,” tambahnya.

Bupati Kerinci Adirozal dalam arahannya menyampaikan apresiasi dan sangat bersyukur adanya program ini. Karena ke depan ini akan ada kemungkinan 97 kerja yang biasanya dilakukan oleh manusia akan diambil alih oleh teknologi, apalagi manusia yang tidak terampil maka dengan sendirinya akan tergeser.
“Sebagian dari kita sebenarnya sudah pandai bertukang, tetapi untuk masuk ke pasar kerja tidak cukup dengan itu dan harus ada sertifikatnya. Maka melalui program ini saya sedikit kecewa karena dari 18 kecamatan ada 5 kecamatan yang tidak mengirimkan utusannya, padahal dengan program gratis ini kita akan diberikan sertifikat, bertambah keterampilan dan akan dapat masuk ruang kerja yang terdepan,” kata Bupati Adirozal.

Baca Juga  MTsN 1 Kerinci Sebut Uang Perpisahan Hasil Musyawarah Komite

Dijelaskan Bupati Kerinci dua periode, setelah memiliki keterampilan dan sertifikat maka hal itu sangat dibutuhkan. Ikuti kegiatan ini dengan baik, karena Dinas PUPR telah melaksanakan kegiatan ini, jangan disia-siakan kesempatan dan keterampilan yang diberikan oleh instruktur dari Jambi nantinya.
“Mudah-mudahan kegiatan ini akan terus dilaksanakan setiap tahunnya, agar seluruh tukang di Kabupaten Kerinci memiliki keterampilan dan sertifikat. Sehingga masyarakat kita akan mudah dalam mencari kerja baik itu di Kabupaten Kerinci maupun daerah luar Kabupaten Kerinci,” tutupnya. (rco)

block ID 8719 : indojatipos.com
     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.