Program MBKM Fakultas Pertanian Unja: Kontribusi Positif untuk Pengembangan Desa Jujun Kerinci


INDOJATIPOS.COM, Kerinci— Sebanyak 32 mahasiswa/i Fakultas Peetanian Universitas Jambi mengikuti Kegiatan Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Desa Jujun, Keliling Danau, Kerinci, Senin (21/8/2023).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bupati Kerinci diwakili Sekda Kerinci Zainal Efendi, dihadiri Anggota DPRD Kerinci Anggra, Dekan Fakultas Pertanian Unja Prof Dr Ir Suandi M.Si, Para dosen, Camat Keliling Danau, Kades Jujun dan Forkompincam.

Dekan Fakultas Pertanian Unja Prof Dr Ir Suandi M.Si mengatakan, bahwa Fakultas Pertanian Unja dalam menjalankan amanat Permendikbud nomor 3 tahun 2020 tentang program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, maka mengimplementasi kegiatan tersebut, memanfaatkan Desa laboraturium terpadu yang telah dibangun Unja.

Baca Juga  Pererat Silaturahmi, PW IWO Jambi Gelar Buka Puasa Bersama

“Dalam permendikbud tersebut, mahasiswa mendapatkan hak mahasiswa sebanyak 40 SKS kuliah diluar program studi. Salah satu kegiatan dilakukan di Desa Jujun, salah satunya berkaloborasi penelitian, pengabdian dosen dengan kegiatan-kegiatan mahasiswa,”katanya.

Adapun kegiatan implementasi Program MBKM, terdiri dari 8 program 2 kegiatan penitian 6 kegiatan pengabdian.

“Kegiatan ini yang terlibat sebanyak 32 mahasiswa, 30 dosen yang terdiri 3 jurusan, diantaranya jurusan Agroekoteknogi, Teknologi Pertanian, dan Jurusan Kehutahan,” jelasnya.

Dalam kesempatan, Sekda Kerinci Zainal Efendi Menyambut baik kegiatan ini, karena dilakukan selama 3 bulan oleh mahasiswa fakultas Pertanian Unja.

“Semoga kegiatan bisa mengembangkan ilmu Memberi Kontribusi positif bagi masyarakat Kerinci, khususnya desa Jujun. Dan Terimakasih Fakultas Pertanian Unja telah mengirimkan mahasiswa dan dosen dalam pengabdian dengan masyarakat kami,” ucapnya.

Baca Juga  Pererat Silaturahmi, PW IWO Jambi Gelar Buka Puasa Bersama

Zainal juga Sangat mengharapkan adanya transformasi menggali potensi Desa Serta Mempromosikan pruduk lokal Kerinci. “Bergaullah dengan masyarakat Taatilah norma adat. Dan untuk Kades silakan gunakan dana desa untuk mengoptimalkan pengabdian ini,” pungkasnya.(rco)

block ID 8719 : indojatipos.com
     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.