Peduli Penghijauan, Polres Kerinci Tanam Ribuan Pohon


INDOJATIPOS.COM, Kerinci – Polres Kerinci menggelar sebuah acara yang tak hanya memiliki makna lingkungan, tetapi juga membawa pesan kebersamaan yang mendalam.

Dalam upaya untuk memelihara keindahan alam dan mengajarkan nilai-nilai lingkungan kepada generasi muda, Polres Kerinci menyelenggarakan kegiatan penanaman pohon dengan tema “Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini”.

Tema yang diusung oleh kegiatan ini adalah cermin dari komitmen Polri dan masyarakat dalam menjaga lingkungan dan mewariskan pesan penting tentang keberlanjutan kepada generasi mendatang.

Pertumbuhan sektor industri yang pesat dengan peningkatan taraf kehidupan masyarakat, harus diimbangi dengan pemeliharaan lingkungan, agar tidak berdampak buruk bagi ekosistem. Salah satunya, Penanaman pohon yang dilakukan Polres Kerinci bertempat di Asrama Kampus IAIN Desa Serumpun Pauh dan Kampus IAIN Desa Sungai Liuk, Rabu (23/08/2023).

“Untuk itu harus diimbangi dengan pemeliharaan lingkungan, di mana salah satunya dengan melakukan gerakan penghijauan dengan menanam pohon,” ujar Kapolres Kerinci AKBP Patria Yuda Rahadian, melalui Waka Polres Kerinci Kompol Samsul Bahri Pinem.
Turut hadir pada acara tersebut, Pejabat Utama (PJU) Polres Kerinci, dan pengurus yayasan Bhayangkari Cabang Kerinci yang melakukan penanaman pohon secara simbolis.

Waka Polres mengatakan, isu global yang dibicarakan dewasa ini adalah pemanasan global, perubahan iklim, banjir, dan erosi akibat rusaknya ekosistem. Penanaman pohon dapat berfungsi dalam mencegah banjir dan longsor saat musim hujan, dan mencegah kekeringan saat musim kemarau.

“Pohon berperan penting dalam kehidupan dan menyelamatkan bumi dari pemanasan global. Manfaat terbesar dari pohon adalah menghasilkan oksigen yang dibutuhkan seluruh makhluk hidup,” ujarnya.

Kompol Samsul Bahri Pinem juga mengatakan bahwa program penanaman pohon merupakan program yang sangat baik dilaksanakan karena mengenai lingkungan yang terus harus dijaga kelestariannya sehingga bisa menjadi warisan bagi anak cucu kelak.

“Penanaman pohon ini adalah program yang cukup bagus untuk lingkungan, penanaman pohon bukan hanya di kampus IAIN namun Polsek jajaran juga ikut melakukan penghijauan,” pungkasnya. (rco)

block ID 8719 : indojatipos.com
     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.