PT TEU Inderapura Didemo, Ini Tuntutan Warga


FOTO: Jalan Pabrik PT TEU Diblokade Saat Aksi Demo Warga Tiga Sungai Inderapura, Senin (19/2/2024)

INDOJATIPOS.COM, Inderapura– Warga Nagari 3 Sungai Inderapura, Kecamatan Pancung Soal, Pesisir Selatan, Sumbar menggelar aksi demo di pabrik Sawit PT Transco Energi Utama (TE) yang berada diwilayahnya, Senin (19/2/2024).

Dalam aksi demo, warga memblokade jalan masuk pabrik Sawit PT TEU, hal tersebut menuntut transparasan, hasil timbangan sawit, potongan terlalu tinggi, menyortiran buah, penertiban sopir, kontribusi PT TEU untuk Masyarakat, Nagari dan rekrumen pekerja.

Dian Iseryanto, koordinator aksi demo Masyarakat nagari 3 Sungai mengatakan, aksi demo kali ini meminta pihak Perusahaan PT TEU terbuka soal transparan terkait hasil timbangan sawit dan potongan serta penyortiran buah sawit di pabrik.

“Hasil timbangan buah sawit di lahan dengan pabrik berbeda, mungkin ada permainan atau gimana? Perusahan lain bisa, kenapa Perusahaan ini tidak bisa. Seharusnya potongan sawit pribumi berbeda dengan sawit dari luar,” ujar Dian kepada indojatipos.com.

Selain itu, warga mengajukan bantuan ke pihak PT TEU tidak pernah diberikan. “Padahal warga mengajukan proposal untuk Pembangunan masjid Nagari 3 Sungai Inderapura, pihak perusahan selalu melemparkan ajukan ke padang,”tandasnya.

Sementara pantauan dilapangan, hingga pukul 19.30 WIB, tampak sejumlah pihak dari Polres Pessel melakukan pengamanan, bahkan pihak Kapolres, Camat, KAN Inderapura langsung turun melakukan mediasi dengan pihak pedemo. Namun, belum diketahui hasil tersebut.

Terpisah, pihak PT TEU belum dapat tanggapan terkait aksi demo warga Tiga Sungai Inderapura tersebut.

Laporan: Beng Siswanto

Editor/publisher: Sutan Riko

 

block ID 8719 : indojatipos.com
     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.