Pemkab Kerinci Bersama BNNP Jambi Launching Desa Bersinar


INDOJATIPOS.COM, JAMBI – Guna terciptanya desa bersih dari narkoba di Kabupaten Kerinci, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kerinci bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jambi melaunching Desa Bersinar ( Bersih Narkoba) untuk seluruh Desa dan kelurahan se Kabupaten Kerinci.

Peluncuran Desa Bersinar itu berlangsung di lapangan kantor BNNP Jambi sekaligus apel siaga yang dipimpin langsung oleh Kepala BNNP Jambi, Brigjen Pol Wisnu Handoko, yang dilaksanakan pada Rabu (29/05/2024) dengan ditandai pemotongan dan pelepasan balon. Kegiatan tersebut juga dihadiri langsung Pj Bupati Kerinci, Asraf, Forkopimda Kabupaten Kerinci, OPD, Camat serta Desa se Kabupaten Kerinci.

Kepala BNNP Jambi, Brigjen Pol Wisnu Handoko, dalam sambutannya mengapresiasi atas kebijakan Pj Bupati Kerinci yang telah melaksanakan kegiatan launching Desa Bersinar dam workshop P4GN. “Ini merupakan Kabupaten pertama di Provinsi Jambi yang melakukan launching Desa Bersinar, dengan tujuan untuk pemberantasan narkoba yang dimulai dari Desa,” ujarnya.

Perang terhadap Narkoba sambung Wisnu, bukan merupakan tugas kita masing-masing saja, akan tetapi merupakan tugas bersama yang dimulai dari Desa, Kecamatan, Kabupaten hingga Provinsi untuk memberantas narkoba. “Ini bertujuan untuk menyelematkan generasi kedepannya, agar bebas dari Narkoba,” tegasnya.
Ditambahkannya bahwa, Program Desa Bersinar juga sejalan dengan prioritas pembangunan nasional terkait pembangunan yang dimulai dari desa. Untuk mencapai keberhasilan pembangunan nasional, maka diperlukan desa dengan lingkungan kondusif, aman, serta layak bagi masyarakat.

Baca Juga  Peduli Petani, Pengamat: Ezi Kurniawan Figur Milenial Patut Diperhitungkan di Pilkada Kerinci 2024

Dalam hal ini, masyarakat desa merupakan sasaran utama sekaligus pemeran utama dari keberhasilan pencapaian target pembangunan. Di sisi lain, kerugian terbesar dari penyalahgunaan narkoba adalah pelemahan karakter individu yang menyebabkan melemahnya ketahanan masyarakat sebagai awal dari kehancuran suatu bangsa.

“Oleh karena itu kesadaran akan adanya ancaman nyata dari penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba harus tersosialisasi dengan baik kepada seluruh masyarakat desa,” ungkapnya.

Orang nomor satu dilingkup BNNP Jambi itu sangat mengapresiasi sekaligus mendukung program kerja Pj Bupati Kerinci yang telah melaunching Desa Bersinar dan merupakan pilot project pencegahan narkoba. Hal itu merupakan bagian dari upaya perlawanan yang dilakukan dari tingkat desa, dan tentunya pemerintah tidak mampu tanpa adanya dukungan dari masyarakat.

Baca Juga  Peduli Petani, Pengamat: Ezi Kurniawan Figur Milenial Patut Diperhitungkan di Pilkada Kerinci 2024

“Program Desa Bersinar ini bagian dari upaya untuk menguatkan semangat masyarakat sebagai garda terdepan dalam pencegahan peredaran narkotika. Terima kasih kepada semua pihak yang telah turut serta mensukseskan program ini,” katanya.

Sementara itu Pj Bupati Kerinci, Asraf, menyampaikan bahwa launching Desa Bersinar ini sebagai bentuk untuk melakukan pemberantasan korupsi di Kerinci yang dimulai dari Desa untuk menyelamatkan generasi muda kedepannya. “Diharapkan dengan telah dilaksanakan launching Desa Bersinar ini, para Kepala Desa langsung melakukan eksen langsung dilapangan dengan mengundang para lembaga adat untuk rapat pembahasan pemberantasan korupsi di Desa,” ujar Asraf.

Disampaikannya bahwa Kabupaten Kerinci tahun ini juga, berencana akan membentuk BNNK Kerinci. Hal dibuktikan dengan nantinya di APBD Perubahan akan dibentuk anggarannya. “Di tahun 2025 mudahan sudah permanen,” tegansya.

Baca Juga  Peduli Petani, Pengamat: Ezi Kurniawan Figur Milenial Patut Diperhitungkan di Pilkada Kerinci 2024

Bahkan nantinya sambung Asraf, nanti juga akan diundang Gubernur Jambi Al Haris, untuk datang ke Kerinci, melaunching Kerinci Bersinar (Bersih Narkoba). Tujuan kita ingin menyelamatkan generasi penerus yang ada di Kabupaten Kerinci.

Asraf juga mengajak seluruh stakeholder untuk meningkatkan sinergitas dan komitmennya dalam mendukung Program Desa Bersinar ini, sebagai upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.“Karena ini berbicara untuk menyelamatkan dan melindungi bangsa Indonesia khususnya di Kabupaten Kerinci dari ancaman kejahatan narkotika. Dan semoga desa-desa lain bisa juga menjadi Desa Bersinar selanjutnya,” harapnya.(rco)

block ID 8719 : indojatipos.com
     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.