PD IWO Kerinci-Sungaipenuh: Tangkal Hoax Jelang Pilkada 2024


INDOJATIPOS.COM, Kerinci— Menangkal berita-berita hoaks adalah hal yang sangat penting apalagi menjelang Pilkada serentak 2024.

Inilah salah satu poin perbincangan santai pengurus PD IWO Kabupaten Kerinci-Sungai Penuh dalam silaturahmi dengan Dir Intelkam Polda Jambi Kombes Pol Ronalzie Agus, S.IK, Kasubdit Kamsus Kompol Agung Pratama, S.IK.MH diwakili oleh Panit 5 Subdit Kamsus AKP. Nasib Lumban Toruan beserta anggota, Kamis (13/6/2024).

Ketua PD IWO (Ikatan Wartawan Online) Kabupaten Kerinci – Kota Sungai Penuh Riko Pirmando mengatakan bahwa saat ini beredarnya berita berita Hoax di media online dan media sosial sangat massif tanpa bisa dikontrol lagi.

Menurutnya, majunya teknologi dalam bidang informasi memudahkan masyarakat melakukan akses terhadap media online dan media sosial.

Baca Juga  Muda, Tampan 10 Kader HIPMI Jambi Bakal Bertarung di Pilkada, 1 Diantaranya Ezi dari Kerinci

“Tapi di sisi lain masyarakat jadi mudah menerima informasi yang belum tentu benar karena budaya masyarakat Indonesia yang malas mencari informasi pembanding. Saat ini masyarakat lebih sering mencari informasi di internet melalui media online dan Media sosial seperti Instagram, Facebook, Youtube, Twitter dan Tiktok bukannya dari media online,” ujar Mantan wartawan Harian Radar Kerinci ini.

Pemerintah dan Polri tentu memiliki tugas yang ekstra berat untuk membendung banyaknya pemberitaa-pemberitaan online yang mengandung unsur pelanggaran hukum, seperti ujaran kebencian (hatespeech), fitnah dan penyebaran berita palsu (hoax) serta SARA Oleh karenanya IWO Sungai Penuh mengajak masyarakat sebagai pengguna media sosial dan khususnya para pelaku jurnalistik media online yang ada di Kota Sungai Penuh agar lebih selektif dalam melakukan postingan-postingan berita yang diunggah (upload).

Baca Juga  Alfin,SH: Kepuasan Kerja ASN Adalah Kunci Utama

“Jangan sampai ada pemberitaan-pemberitaan negatif yang bersifat hatespeech dan hoax, mari sama-sama kita jaga Kota Sungaipenuh – Kerinci terutama dalam tahapan pelaksanaan Pilkada serentak Tahun 2024,” jelas Riko, Pimpred Media indojatipos.com (red)

block ID 8719 : indojatipos.com
     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.