Ini Pesan Ketua DPRD H Fajran Terhadap Pengurus LAM yang Baru Dilantik


INDOJATIPOS.COM, Sungaipenuh– Ketua DPRD H Fajran turut hadir dengan petinggi Pemerintah Kota Sungaipenuh dalam rangka pelantikan Pengurus Lembaga Adat Melayu Jambi Kota Sungaipenuh, Minggu (19/6/2022) bertempat di aula Kantor Walikota Sungaipenuh.

H Fajran mengatakan, berharap setelah pengurus Lembaga Adat Melayu Jambi Sungaipenuh dilantik, agar bermitra dengan pemerintah daerah.

Apa yang menjadi tugas pemerintah dalam rangka pengamanan, baik kemasyarakatan, sosial dan budaya agar terlibat. Seperti kasus hukum yang dapat diselesaikan secara adat, dapat diselesaikan secara adat di desa.

“Kita harus berkerjasama dengan TNI-POLRI agar mereka memberikan ruang kepada lembaga adat untuk menghukum masyarakat desa ketika melanggar secara adat. Tetapi kalau tidak dapat diselesaikan secara adat baru naik ke ranah pidana atau hukum, baik di POLRI atau kejaksaan,” kata H Fajran.

Baca Juga  Sekda Alpian Tegaskan Pentingnya Efisiensi dan Efektivitas Waktu

Menurut H Fajran hal tersebut tidak dapat terlepas antara pemerintah, lembaga adat, Yudikatif dan aparat penegak hukum.

Agar apa yang telah dikerjakan oleh Lembaga Adat Melayu Jambi kota Sungaipenuh terlihat oleh masyarakat dan masyarakat merasa terbantu dengan kehadiran lembaga adat.

“Kita menginginkan kepada pengurus Lembaga Adat Melayu Jambi Sungaipenuh yang baru dilantik memiliki trobosan baru, terkait dengan apa yang juga disampaikan oleh ketua LAM Provinsi Jambi mengenai sejarah Sungaipenuh, agar masyarakat mengetahui orang-orang yang berjuang untuk Sungaipenuh yang patut kita berikan penghormatan, perhargaan,” ujarnya.(rco)

block ID 8719 : indojatipos.com
     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.