Satlantas dan Polsek Sungaipenuh Gelar Patrol Sahur

FOTO:Petugas Lantas Polres Kerinci Patrol Sahur.

SUNGAIPENUH – Ada banyak cara dilakukan orang untuk membangunkan warga agar segera bersantap sahur. Salah satunya adalah menggelar thethek atau patrol keliling kampung. Langkah itu juga ditempuh Polres Kerinci dan Jajaran Polsek selama puasa ramadhan 1438 H.

Patroli sahur ini digelar yakni Personel Satlantas Polres Kerinci. Begitu masuk pukul 02.00 WIB, petugas Satlantas berpakaian lengkap memandu Patrol. Area patrol mengelilingi wilayah perkotaan Sungaipenuh. Start dan finish di kantor Poslantas Sungaipenuh.

“Patrol sahur sejak awal ramadhan sampai sekarang. Patrol sahur..sahur adalah ide bapak Kapolres, setiap malam, lokasi yang dikelilingi rombongan patrol begitu juga semua jajaran Polsek,” ujar Kasat Lantas Polres Kerinci AKP Supariyanto, Minggu (4/6).

Cara ini, menurut kasat Lantas , karena sahur merupakan sunah yang sangat ditekankan.

“Sahur itukan sunah yang sangat ditekankan. Biasanya bangun di sepertiga malam sangat susah. Apalagi kondisi cuaca yang sejak awal puasa bergulir kerap diguyur hujan sehingga memicu temperatur udara yang dingin. Kami sengaja menggandeng grup patrol untuk bersama-sama membantu warga agar mau makan sahur,” ungkapnya.

FOTO: Petugas Polsek Sungaipenuh Patrol Sahur.

Tidak hanya itu, Petugas Polsek Sungaipenuh juga melakukan hal yang sama. Patrol sahur langsung dipimpin Kapolsek Sungaipenuh AKP Azharan,SH, Wakapolsek Ipda Julisman, para kanit dan anggota.

Tidak setiap menit patrol keliling kota berlangsung di atas mobil. Tak jarang kendaraan yang membawa rombongan ini berhenti di tengah perkotaan dan perkampungan. Olah suara pun dilantunkan agar warga yang tinggal di sekitar lokasi lekas bangun malam. Kehadiran polisi dalam rombongan patrol tak jarang membuat warga yang tahu keheranan lantas menghampiri.

“Kalau warga berkerumun biasanya kita agak lama mangkal. Setelah itu lanjut lagi keliling kampung lain dengan tujuan yang sama. Walau ngantuk tapi enjoy,” tukas Kapolsek Sungaipenuh AKP Azharan,SH.

Patrol sahur wilayah perkotaan ini berakhir sekitar pukul 03.30 WIB. Jeda waktu sekitar setengah jam jelang imsak dimanfaatkan anggota lalulintas dan jajaran Polsek Sungaipenuh maupun peserta patrol untuk menunaikan makan sahur. Meski menyantap nasi bungkus, sahur pun terasa nikmat. Apalagi setelah beramal solih membantu warga agar lekas bangun malam.

“Setelah patrol sahur, anggota dan rombongan sholat subuh di Mesjid Al Akbar, Desa Gedang, Sungaipenuh,” kata Kapolsek.(rco)

Kapolsek Sungaipenuh AKP Azharan Bersama Jajaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *